Share

Top Sport: Pembalap Satelit yang Menang Race dalam 10 Tahun Terakhir

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Selasa 25 Oktober 2016 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 38 1523960 top-sport-pembalap-satelit-yang-menang-race-dalam-10-tahun-terakhir-8byvYaFVru.jpg Cal Crutchlow. (Foto: MotoGP)
A A A

MotoGP Musim 2016 merupakan ajang balapan yang paling seru dibandingkan sebelumnya. Bagaimana tidak, semua regulasi baru dari ban Michelin dan perangkat elektronik baru (ECU) diperkenalkan. Hasilnya, gap kecepatan antara tim satelit dengan tim pabrikan tidak terlalu jauh.

Adapun ajang MotoGP terbagi dalam tiga jenis motor yakni motor tim pabrikan, tim satelit dan kelas terbuka. Motor tim pabrikan tentu memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang satelit dan kelas terbuka.

Tak heran hampir di setiap race selalu tim pabrikan yang mampu memenangi balapan. Bahkan terakhir kali tim satelit berhasil memenangi race pada MotoGP musim 2006.

Berikut nama pembalap tim satelit yang berhasil keluar sebagai pemenang pada seri MotoGP:

1.    Toni Elias (Fortuna Honda)
Saat itu, Toni Elias berhasil memenangi lomba. Sebelum meraih kemenangan, pembalap berpaspor Spanyol itu mampu melewati Valentino Rossi di lintasan lurus terakhir di Sirkuit Estoril Portugal pada 2006.

2.    Jack Miller (Estrella Galicia 0.0 Marc VDS Honda)
Aksi apik Jack Miller terjadi kala mengaspal di Sirkuit Assen, Belanda. Rider asal Australia tersebut berhasil keluar sebagai juara dengan menaklukkan Marc Marquez (Repsol Honda) di balapan berkondisi hujan. Alhasil, ia merupakan pembalap yang berhasil memecahkan kesuksesan Elias selama 10 tahun terakhir.

3.    Cal Crutchlow (LCR Honda)
Usai dua seri di GP Belanda, Cal Cruthlow berhasil mencatatkan hasil manis di GP Ceko. Pembalap berkebangsaan Inggris itu mengalahkan Valentino Rossi (Yamaha) dengan selisih waktu +7.298 detik di lintasan basah.

4.    Cal Crutchlow (LCR Honda)
Anggapan tim-tim satelit bisa menang karena kondisi hujan dan faktor keberuntungan dipatahkan Crutchlow. Dia mampu keluar sebagai juara dalam balapan di Sirkuit Phillip Island dalam kondisi lintasan kering. Pembalap berusia 30 tahun itu  meraih podium pertama dengan kembali mengalahkan Valentino Rossi dengan selisih +4.218 detik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini