Share

Peparnas Berakhir, Semangat Positif Paralimpian Harus Berlanjut

Oris Riswan, Jurnalis · Selasa 25 Oktober 2016 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 43 1523537 peparnas-berakhir-semangat-positif-paralimpian-harus-berlanjut-PVZb4BPfRv.jpg
A A A

BANDUNG - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 sudah resmi berakhir pada Senin (24/10/2016) sore. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari paralimpian atau atlet disalibitas yang berlaga dalam Peparnas. Salah satunya adalah semangat positif yang diperlihatkan paralimpian.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberi acungan jempol terhadap kiprah paralimpian. Ia kagum dengan semangat mereka dalam mengarungi pertandingan. Mereka membuktikan diri keterbatasan bukan halangan untuk berprestasi.

Ia sendiri mengaku tidak bisa menyaksikan pertandingan dalam Peparnas. Ia hanya bisa menyaksikan prosesi penutupan. Tapi dalam prosesi penutupan itu ia merasakan semangat besar paralimpian.

Itu terlihat dalam berbagai rangkaian penutupan. Meski berada dibawah guyuran hujan, paralimpian dan seluruh anggota kontingen dari berbagai daerah tetap mengikuti seluruh rangkaian acara.

"Saya melihat pada saat penutupan, saat hujan gerimis, saat mereka deville, kontingen-kontingen itu semangatnya tetap luar biasa," ujar Khofifah di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Senin (24/10/2016).

"Artinya bahwa seluruh proses yang menjadikan sumber semangat mereka untuk bisa lebih produktif lebih maksimal lagi menggerakkan seluruh energi positifnya itu tetap menjadi penting,"

Kepada paralimpian, Khofifah memberi pesan khusus. Ia meminta semangat positif yang diperlihatkan selama pelaksanaan Peparnas terus dilanjutkan mereka.

"Mudah-mudahan arena perjuangan, pengorbanan, dan sportivitas mereka pada Peparnas XV ini akan menjadi bagian dari semangat juang mereka ketika mereka kembali ke daerah masing-masing," tuturnya.

Tapi ia mengingatkan seluruh kepala daerah se-Indonesia agar memberi perhatian terhadap disabilitas secara umum. Sarana pendidikan, pelatihan, hingga berbagai hal penting lainnya harus disiapkan pemerintah daerah bagi disabilitas. Sehingga mereka bisa menuai prestasi di masa yang akan datang.

"Sepulang mereka kembali ke daerah masing-masing mudah-mudahan semangat ini mendapatkan resonansi dan respon positif dari pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing," tandas Khofifah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini