Share

Sportpedia: Definisi Tikungan Hairpin di MotoGP

Pidekso Gentur Satriaji, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 38 1525990 sportpedia-definisi-tikungan-hairpin-di-motogp-hGNB1jyrDn.jpg Layout Circuit of the Americas (Foto: Flux Auto)
A A A

NAMA tikungan hairpin sering muncul dalam balapan MotoGP. Meskipun secara umum sudah mengetahui yakni hanya sebuah tikungan, lantas apa sebenarnya definisi khusus dari hairpin?

Secara harfiah, hairpin berarti jepit rambut. Dari sana, bisa ditarik benang merah bahwa hairpin adalah jenis tikungan yang sangat menukik berbentuk V atau U sehingga memaksa para pembalap mengurangi kecepatan motornya ketika melewati hairpin.

Dengan bentuknya yang V atau U, tikungan tersebut lantas diasosiasikan dengan jepit rambut atau hairpin. Istilah tersebut melekat hingga saat ini.

Salah satu trek MotoGP yang memiliki hairpin khas adalah Circuit of the Americas di Texas, Amerika Serikat. Tikungan 11 sirkuit tersebut berbentuk V yang sangat menukik sehingga menjadi tantangan sulit untuk para pembalap.

Selain Circuit of the Americas, Sirkuit Sepang juga memiliki hairpin yang menakutkan. Setelah lintasan lurus panjang, para pembalap akan berhadapan dengan Tikungan 15 yang nyaris berbentuk V.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(pds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini