Share

Top Sport: Sembilan Fakta Menarik MotoGP Malaysia (Bagian 1)

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 38 1526167 top-sport-sembilan-fakta-menarik-motogp-malaysia-bagian-1-ltF9q5oHxj.jpg
A A A

GRAND Prix Malaysia merupakan tuan rumah MotoGP yang paling dekat dengan Indonesia. Sirkuit Sepang menjadi salah satu destinasi yang tepat bagi para pencinta MotoGP untuk menyaksikan ajang balap kendaraan roda dua tersebut.

Tak aneh, banyak pendukung MotoGP dari Indonesia yang rela berbondong-bondong berangkat menuju Malaysia untuk melihat penampilan para idolanya kala mengaspal di lintasan. Dalam artikel kali ini, Okezone akan mengulas fakta menarik MotoGP Malaysia.

Berikut sembilan fakta menarik MotoGP Malaysia:

1. Grand Prix (GP) Malaysia pertama kali diadakan pada 1991 dan berlangsung setiap tahun hingga saat ini. Awalnya, perlombaan MotoGP diadakan di Sirkuit Shah Alam, kemudian pindah menuju Sirkuit Johor. Sirkuit Sepang ditunjuk sebagai tuan rumah ajang balap bergengsi roda dua tersebut hingga saat ini.

2. Awalnya, GP Malaysia diadakan di Sirkuit Shah Alam pada 1991. Kala itu pembalap Yamaha, John Kocinski, meraih kemenangan debutnya di kelas premier. Sementara pembalap Honda, Luca Cadalora, sukses mendominasi kelas 250 cc dan Loris Capirossi (Honda) di kelas 12 cc.

3. Sirkuit Shah Alam menjadi tuan rumah acara MotoGP seri GP Malaysia selama tujuh musim sebelum pindah menuju Sirkuit Johor pada musim 1998. Sirkuit Sepang mulai menjamu MotoGP pada musim 1999 dan sukses menjadi tuan rumah acara sebanyak 18 kali.

4. Honda telah memiliki lima kemenangan kala mengaspal di Sirkuit Sepang di era MotoGP. Mereka mendominasi Sirkuit sepanjang 5,543 kilometer ini selama empat musim terakhir. Tiga kemenangan diperoleh Dani Pedrosa, sementara satu kemenangan diraih Marc Marquez pada musim 2014.

Bersambung

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini