Share

Perubahan di Sirkuit Sepang Bikin Pembalap MotoGP Kaget

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 38 1526774 perubahan-di-sirkuit-sepang-bikin-pembalap-motogp-kaget-KUbMZNU7LV.jpg
A A A

SELANGOR – Sejumlah pembalap MotoGP mengaku terkejut dengan tikungan terakhir yang ada di Sirkuit Sepang. Sirkuit sepanjang 5, 543 kilometer yang akan menjadi tuan rumah Grand Prix (GP) Malaysia akhir pekan ini memang mendapat banyak perubahan dari musim lalu.

Tak hanya aspal baru pada lintasan, namun sirkuit ini juga mengalami sembilan perubahan dibandingkan musim 2015. Perubahan paling signifikan terjadi pada tikungan ke-15. Tikungan terakhir tersebut menuntut para pembalap untuk bergerak lambat menuju lintasan lurus utama.

Tikungan terakhir tersebut di desain sedemikian rupa untuk memecahkan masalah genangan air yang terus mengahantui sirkuit ini, ketika diguyur hujan deras. Perubahan yang terjadi di sirkuit ini juga menarik perhatian sejumlah pembalap. Mereka saling memberikan komentarnya masing – masing mengenai tampilan baru Sirkuit Sepang.

“Saya bersepeda di lintasan ini, dan saya pikir pedal sepeda saya menyentuh aspal. Tikungan tersebut sangat tinggi, sehingga resiko kecelakaan sangat, sangat tinggi. Saya belum pernah melihat tikungan seperti itu,” terang pembalap Suzuki Ecstar, Aleix Espargaro, melansir dari Crash, Jumat (28/10/2016).

Sebelas dua belas dengan pernyataan Aleix, pembalap Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro juga memberikan komentarnya mengenai penampilan baru sirkuit Sepang. Menurutnya perubahan tikungan ke-15 menjadi tantangan khusus bagi Michelin, terutama untuk ban bagian depan mereka.

“Perubahan ini begitu besar , kami belum pernah menemukan tikungan ini di seluruh musim. Masalahnya dalam beberapa balapan kami selalu menemukan masalah dengan ban depan, terutama ketika bersama Michelin. Jadi jelas kami akan memiliki masalah baru pada ban depan ketika melewati tikungan ini,” tutur Pol Espargaro.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini