Share

Agung Ali Sahbana Juarai Etape Pertama Tour de Linggarjati 2016

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 43 1527260 agung-ali-sahbana-juarai-etape-pertama-tour-de-linggarjati-2016-TsuTBvoCBI.jpg Agung Ali Sahbana juarai etape pertama Tour de Linggarjati 2016 (Foto: Aditya Wahyutomo/Okezone)
A A A

KUNINGAN — Etape pertama gelaran balap sepeda bertaraf internasional Tour de Linggarjati 2016 selesai digelar. Menempuh jarak lebih dari 87 kilometer dengan rute yang menantang, para pembalap juga harus dihadapkan dengan cuaca ekstrem.

Maklum saja, ketika para pembalap melewati garis start, cuaca tengah terik-teriknya di Kuningan. Namun ketika balapan memasuki babak tengah, hujan deras disertai angin kencang turun menghambat kinerja para pembalap.

Menurut catatan Okezone, setidaknya ada dua pembalap yang retired setelah hujan turun. Sementara itu ada satu pembalap yang sempat mengalami kecelakaan saat melewati Desa Sagarahiang.

Sementara itu pada akhir balapan, pembalap KFC Cycling Team, Agung Ali Sahbana, berhasil menjadi juara. Berbekal waktu 2 jam 22.40 menit, Agung berhak mengenakan seragam kuning tanda pimpinan balapan pada etape kedua.

Tak hanya menyabet juara umum etape, Agung juga berhasil menjadi pembalap tercepat saat melewati rute tanjakan. Ia kemudian dinobatkan sebagai Raja Tanjakan.

KFC Cycling Team memang tampil dominan pada balapan yang bermula di Pandapa Kuningan tersebut, tak hanya mengirimkan Agung ke podium. KFC Cycling Team juga berhasil menempatkan pembalap mereka di ajang sprint race yakni Imam Arifin yang menjadi pembalap tercepat di kategori intermediate sprint.

Sebenarnya Agung memang sudah memimpin balapan sejak awal. Ia berhasil mendominasi di depan dengan rekan setimnya, Jamal Hibatulah. Terbukti Jamal berhasil memiliki catatan waktu yang sama dengan Agung dan berhak menempati posisi dua.

Rute balapan kali ini memang cukup menantang bagi para pembalap. Tak hanya karena luas jalan yang sempit, tetapi juga banyaknya tanjakan tanggung yang disertai tikungan. Terlebih lagi adanya hujan membuat para pembalap sempat memiliki keterbatasan dalam penglihatan.

Namun harus diakui bahwa balapan Tour de Linggarjati etape pertama mampu memberikan tantangan bagi para pembalap sekaligus memberikan tontonan yang seru. Pada etape pertama tak hanya melewati persawahan dan perbukitan, mereka juga disuguhi pemandangan bangunan bersejarah serta adanya kebun kopi yang khas dari Kuningan.

Balapan etape kedua akan digelar Sabtu 29 Oktober 2016. Balapan tersebut akan dimulai di gedung Perjanjian Linggajati dan akan berakhir di Waduk Darma. Balapan sendiri akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(pds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini