Share

Unik! Ingin Ramah Lingkungan, Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari Telefon Genggam

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 20 Februari 2017 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 20 43 1623537 unik-ingin-ramah-lingkungan-medali-olimpiade-tokyo-2020-terbuat-dari-telefon-genggam-2xSDKRTV1f.jpg Medali Olimpiade Rio 2016 (Foto: AFP)
A A A

TOKYO – Panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo membuat terobosan unik dengan membuat medali dari telefon genggam. Menariknya, telefon genggam nantinya akan didaur ulang menjadi 5.000 medali untuk event tersebut.

Rencananya, masyarakat Jepang akan diminta menyumbangkan telefon genggam bekas mereka untuk dijadikan sebuah medali yang membutuhkan 2 ton emas, perak, dan perunggu. Bukan hanya untuk ramah lingkungan, ide tersebut juga ditujukan untuk menekan biaya Olimpiade yang sangat besar.

“Proyek yang memungkinkan rakyat Jepang mengambil peran dalam membuat medali benar-benar bagus,” ungkap Direktur Olahraga Tokyo 2020, Koji Murofushi, mengutip dari BBC, Senin (20/2/2017).

“Sumber daya di Bumi kita ada batasnya, jadi mendaur ulang barang-barang ini akan membuat kita memikirkan lingkungan,” tambahnya.

Hal ini juga menjadi alternatif tim Jepang yang tidak mempunyai banyak cadangan mineral di Negara Matahari Terbit itu. Untuk merealisasikan ide tersebut dengan menyediakan kotak-kotak penampungan di kantor-kantor daerah dan toko-toko telepon mulai April 2017.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini