Share

Top Sport: Lima Upacara Pembukaan Olimpiade Paling Meriah

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 43 1626217 top-sport-lima-upacara-pembukaan-olimpiade-paling-meriah-wBbYdPVebp.jpg Olimpiade Rio 2016 (Foto: Twitter resmi Olimpiade)
A A A

KEJUARAAN Olimpiade selalu menarik banyak perhatian dari berbagai belahan dunia. Tak hanya soal siapa yang akan menjadi kampiun, acara pembukaan ajang olahraga empat tahunan tersebut juga tak kalah menjadi perhatian.

Acara pembukaan Olimpiade selalu menampilkan parade atlet-atlet dari berbagai negara yang turut serta dalam kejuaraan tersebut. Selain itu, setiap negara juga menampilkan budaya khas dari negeri mereka.

Tak ayal, perhelatan acara pembukaan Olimpiade selalu digelar secara meriah dan berikut lima pembukaan Olimpiade paling meriah sepanjang sejarah.

1. London 2012

Pembukaan Olimpiade London 2012 bertema kehidupan perdesaan di Inggris. Pada parade tersebut, ada yang membangun peternakan yang menjadi ikon utama desa-desa di Inggris.

Tak lama, terlihat Ratu Elizabeth II (diperankan oleh Gary Connery) yang membuat kejutan dengan terjun payung dari helikopter bersama pemeran James Bond, Daniel Craig. Berselang beberapa saat, Ratu Elizabeth asli dan Pangeran Phillip muncul di Stadion Olympic dan disambut tepukan meriah dari penonton.

Tepuk tangan penonton semakin meriah, ketika Mr Bean hadir di tengah-tengah acara. Rowan Atkinson sebagai pemeran Mr Bean turut mengiringi lagu ‘Chariots of Fire’ bersama London Symphony Orcestra.

2. Beijing 2008

Pada pembukaan Olimpiade ini, penampilan pertama diisi 2.000 drumer yang memainkan Fou (instrument tradisional China). Tak hanya itu, pertunjukan kembang api juga menjadi perhatian khusus pada acara tersebut.

Maklum saja, China telah mempersiapkan pertunjukan kembang api tersebut dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, pembukaan Olimpiade Beijing 2008 didaulat sebagai perhelatan terbesar di dunia.

3. Sydney 2000

Saat pembukaan Olimpiade Sydney 2000, ada kejadian mengejutkan yakni seorang gadis pingsan di tengah-tengah acara. Namun, hal tersebut hanya sebuah skenario belaka. Gadis kecil itu pingsan di tengah stadion untuk menunjukkan mimpinya yang ingin hidup di laut.

Tapi, ada kejadian terbaik di pembukaan Olimpiade tersebut. Atlet pembawa Obor Olimpiade terlihat masuk ke air, namun apinya tidak padam. Api tersebut malah berhasil menerangi kuali besar yang menandakan Olimpiade dimulai.

4. Los Angeles 1984

Pada pembukaan Olimpiade tersebut, ada satu hal yang paling menarik yakni seorang pria yang datang dengan sebuah jet pack. Hal tersebut membuat penonton yang hadir tercengang. Maklum saja, pada tahun tersebut, jet merupakan salah satu hal yang tabu.

5. Moscow 1980

Tahun pertama peserta Olimpiade, yakni pada 1980, terjadi pemangkasan menjadi 80 peserta. Hal ini terjadi akibat boikot dari Amerika Serikat. Namun, acara pembukaannya masih cukup meriah.

Dalam acara tersebut, hadir piramida pesenam yang dibangun seperti menara menggunakan baju berwarna putih, merah muda, dan kuning. Tak ketinggalan penampilan anak-anak lucu nan menggemaskan yang menari dengan pakaian seperti beruang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini