Share

Berkenalan dengan Underwater Hockey, Olahraga yang Mulai Populer di Indonesia

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 27 Februari 2017 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 27 43 1629355 berkenalan-dengan-underwater-hockey-olahraga-yang-mulai-populer-di-indonesia-x0WeHgbkvZ.jpg Komunitas underwater hockey saat menyambangi kantor redaksi Okezone. (Foto: Muhammad Sabki/Okezone)
A A A

JAKARTA – Underwater Hockey adalah salah satu olahraga yang cukup digemari di Indonesia belakangan ini. Namanya mungkin masih kurang santer terdengar ketimbang olahraga lain. Namun, peminat dari olahraga ini cukup banyak juga lho.

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan di Inggris pada medio 1950-an. Tidak berbeda jauh dengan olahraga hoki, tujuan utamanya adalah mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan. Namun bedanya, dalam olahraga ini tidak menggunakan penjaga gawang.

Sama seperti olahraga kebanyakan, underwater hockey dapat dimainkan oleh laki-laki dan perempuan. Namun, mereka masuk dalam kategori berbeda.

Underwater hockey dimainkan oleh enam orang untuk masing-masing tim. Setiap tim berhak memiliki empat pemain cadangan. Mereka dapat terus saling bergantian selama pertandingan. Sedangkan durasi untuk pertandingan adalah 2x20 menit dengan jeda istirahat selama lima menit.

Syarat utama untuk memainkan olahraga ini adalah dapat berenang. Adapun syarat lainnya yaitu membutuhkan ketahanan fisik dan nafas yang kuat. Sebab, para pemain diharuskan menyelam dan mengambil nafas ke permukaan berulang kali.

Peralatan yang digunakan dalam olahraga ini meliputi google (kacamata renang), topi renang, sirip, serta stick untuk memukul bola.

Adapun wasit yang bertugas dalam pertandingan berjumlah dua sampai tiga orang. Mereka berjaga pada sisi kolam. Para wasit ini juga ikut terjun ke dalam kolam. Namun, ada satu wasit tambahan lagi yang memantau pertandingan dari atas kolam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini