Share

Valentino Rossi Takkan Kena Penalti di Austin, jika...

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 24 April 2017 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 24 38 1675199 valentino-rossi-takkan-kena-penalti-di-austin-jika-YPDiSVhX4C.jpg Rossi terkena penalti 0,3 detik di Sirkuit Austin. (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

AUSTINRace Director MotoGP, Mike Webb, mengungkapkan Valentino Rossi takkan terkena penalti 0,3 detik jika tidak terus melaju usai memotong jalan di tikungan ketiga lap ketujuh GP Amerika Serikat. Karena Rossi tetap melaju kencang usai memotong jalan, akibatnya The Doctor –julukan Rossi– mendapatkan hukuman.

Ketika balapan di Sirkuit Austin memasuki lap ketujuh, Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) mencoba menyalip Rossi di tikungan ketiga. Saat itu aksi Zarco terhitung berani karena sudut sangatlah sempit.

Untuk menghindari benturan jika tetap berada di racing line yang dimiliki, Rossi memilih membanting setir ke kanan untuk memotong jalan. Salahnya ketika memotong jalan, rider berpaspor Italia itu tetap memacu sang kuda besi dengan kecepatan tinggi.

Alhasil, Rossi sanggup mendekatkan jarak dengan Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi dua. Dalam momen itu Webb menilai Rossi telah mengambil keuntungan. Karena itu, keuntungan itu dihapus dan Rossi mendapatkan hukuman penalti 0,3 detik.

“Jelas bagi semua orang termasuk Rossi mengapa ia terkena hukuman. Ketika memotong jalan, hal yang harus dilakukan Rossi adalah tidak menekan gas dan kembali ke jarak yang sama (di belakang Marquez). Namun, ia justru menarik gas secara kencang dan hukuman pun akhirnya dijatuhkan,” kata Webb mengutip dari Crash, Senin (24/4/2017).

Beruntung pada akhirnya Rossi tetap finis di posisi dua setelah pada lap 18 sanggup melewati Dani Pedrosa (Repsol Honda). Bahkan saat ini, pembalap berpaspor Italia memuncaki klasemen sementara MotoGP 2017 dengan koleksi 56 angka, unggul enam poin dari Maverick Vinales di posisi dua.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini