Share

Sportpedia: Profil Sirkuit Monte Carlo, Arena Favorit Para Pensiunan

Karina Nur Shabrina, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 26 37 1700285 sportpedia-profil-sirkuit-monte-carlo-arena-favorit-para-pensiunan-In7TSlS3rk.jpg Sirkuit Monte Carlo (Foto: Situs Resmi Formula1)
A A A

MONTE CARLO – Para penggemar ajang balap Formula One (F1) tengah menikmati gelaran seri keenam Grand Prix (GP) 2017. Berkunjung ke Monaco, para driver andalan masing-masing tim akan mengaspal di Sirkuit Monte Carlo. Balapan GP Monaco 2017 sendiri dijadwalkan mulai 25-28 Mei 2017.

Tak boleh ketinggalan, Anda pun perlu mengetahui beberapa informasi penting sebelum menikmati balapan sesungguhnya yang akan berlangsung pada 28 Mei 2017 pukul 19.00 WIB. Tentunya, sirkuit sepanjang 3,3 km itu telah lama menjadi arena yang cukup membuat repot para pembalap.

Mengapa? Karena, fakta unik menunjukkan daftar pembalap F1 yang masih aktif maksimal baru dua kali saja menang di Sirkuit Monte Carlo. Sementara itu, pembalap yang berhasil menaklukkan Monte Carlo lebih dari tiga kali merupakan pembalap-pembalap legendaris yang kini sudah tidak berlaga di aspal balapan.

Terakhir, hanya nama Nico Rosberg yang mengisi daftar pemenang dalam balapan teranyar. Pembalap Mercedes yang pensiun pada 2016 itu berhasil memenangi GP Monaco pada 2013, 2014, dan 2015. Sisanya, deretan nama pembalap yang menang di atas tiga kali hanya diisi oleh driver di era 50 sampai 90-an.

Mengisi deretan daftar pemenang, hanya Fernando Alonso dan Lewis Hamilton saja pembalap aktif yang berhasil dua kali menjadi pemenang di Sirkuit Monte Carlo. Sementara itu, raja di Sirkuit Monte Carlo sendiri dinobatkan kepada driver legenda, Ayrton Senna. Pembalap asal Brasil itu tercatat enam kali menjadi peraih podium teratas Monte Carlo. Di urutan kedua, Graham Hill dan Michael Schumacher lima kali menjadi pemenang. Sementara driver legendaris lain, Alain Prost, pernah empat kali pembalap tercepat di Monte Carlo.

Kini, para penggemar F1 pun akan segera menyambut race GP 2017 di sirkuit yang memiliki 19 tikungan itu. Melihat hasil gelaran GP sebelumnya, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil menjadi pemenang di Sirkuit Monte Carlo pada GP Monaco 2016. Kita tunggu saja apakah GP Monaco 2017 akan kembali menjadi milik Hamilton.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini