Share

Sportpedia: Profil Juara Piala Sudirman 2017, Korea Selatan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 29 Mei 2017 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 29 40 1702102 sportpedia-profil-juara-piala-sudirman-2017-korea-selatan-1o7D8XJm8E.jpg Selebrasi kemenangan Korea Selatan saat sukses rebut Piala Sudirman 2017 (Foto: BWF)
A A A

TIM bulu tangkis Korea Selatan, tanpa diduga berhasil merebut Piala Sudirman 2017 setelah memupuskan harapan juara bertahan China pada partai puncak. Menangi laga secara dramatis, Sung Ji Hyun cs sukses menundukkan China dengan skor tipis 3-2.

Datang ke Gold Coast tanpa pasukan yang kuat, banyak publik memprediksi Korea Selatan takkan mampu berbicara banyak di Piala Sudirman 2017. Bahkan, prediksi tersebut semakin kuat setelah pada babak penyisihan mereka hanya keluar menjadi runner-up Grup 1B pascakalah dari Taiwan.

Namun berbanding terbalik, mereka justru mampu mematahkan prediksi tersebut dengan merebut trofi Piala Sudirman untuk yang keempat kalinya bagi mereka. Bahkan kemenangan itu hanya mereka dapatkan dengan bermodalkan 16 pemain yang terdiri dari delapan putra dan putri. Berbeda jauh dengan tim Merah Putih yang turun dengan kekuatan penuh sebanyak 20 pemain.

Tanpa kehadiran pemain putra berspesialis ganda, Negeri Gingseng memang sedikit mengalami ketimpangan di nomor ganda putra dan campuran. Sebut saja seperti Lee Yong Dae, Ko Sung Hyun, Yoo Yeon Seong, dan Kim Gi Jung yang absen pada Piala Sudirman tahun ini karena memutuskan keluar dari pelatnas Korea Selatan.

Sementara tiga nomor lainnya, praktis mereka hanya bisa mengandalkan Son Wan Ho di tunggal putra yang juga peringkat satu dunia saat ini, tunggal putri peringkat empat dunia yakni Sung Ji Hyun  dan juara ganda putri All England 2017, Chang Ye Na dan Lee So Hee. Namun, mereka pun bisa saja kalah dari negara lain mengingat penampilan mereka pun kadang tak konsisten.

Meski begitu, mereka malah mampu tampil gemilang pada gelaran Piala Sudirman kali ini yang sebagian besar skuadnya diisi para pemain muda. Begitu pun dengan nomor ganda putra dan campuran yang mungkin bisa dianggap menjadi nomor bolong bagi Korea untuk bisa dicuri poin dari tim lawan.

Namun, Choi Solgyu yang menjadi pemain andalan putra Korea di nomor ganda mampu menunjukkan kematangannya yang kali ini dipercaya menjadi motor di ganda putra dan campuran tersebut. Meski di ganda putra bersama Seo Seung Jae tak mampu berbuat banyak di partai final, tapi di semifinal mereka menjadi penentu saat bertemu Thailand. Sementara di ganda campuran bersama Chae Yoo Jung, penampilannya sempat naik turun dan bahkan kurang memuaskan di Piala Sudirman kali ini, tapi di partai puncak mereka mampu membayarnya dengan menjadi partai penentu.

Tampaknya hilangnya beberapa pemain andalan, tak membuat Korea Selatan gentar. Kang Kyung Jin yang baru menjabat kepala pelatih Korea Selatan sejak 1 Januari 2017 itu berhasil membuat racikan yang apik untuk tetap bisa diperhitungkan dan tak boleh diremehkan di Piala Sudirman 2017.

Berikut Skuad Korea Selatan di Piala Sudirman 2017:

Putra: Choi Solgyu (21 tahun), Jeon Hyeok Jin (21), Kim Duk Young (26), Kim Won Ho (17), Lee Dong Keun (26), Park Kyung Hoon (19), Seo Seung Jae (20), Son Wan Ho (29).

Putri: Chae Yoo Jung (22 tahun), Chang Ye Na (27), Jung Kyung Eun (27), Kim Ga Eun (19), Kim Ha Na (27), Lee Jang Mi, Lee So Hee (22), Sung Ji Hyun (25).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini