Share

Masalah Bendera Merah Putih Terbalik di SEA Games 2017, Ini 5 Pernyataan dari Kemenlu

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 20 43 1759363 masalah-bendera-merah-putih-terbalik-di-sea-games-2017-ini-5-pernyataan-dari-kemenlu-p349zYfngW.jpeg
A A A

JAKARTA -  Menyikapi adanya kesalahan pencetakan bendera Indonesia pada buku panduan terbatas VVIP di event SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia akan melakukan beberapa langkah. Langkah tersebut muncul usai pertemuan antara Menteri Pemuda dan Olahraga kedua negara yaitu Khairy Jamaluddin (Malaysia) dan Imam Nahrawi (Indonesia) bertemu.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017), pihak Indonesia yang diwakili oleh  Imam Nahrawi bersama Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Yuni Poerwanti; Kepala Biro Humas Hukum, Amar Ahmad; Staf Khusus bidang Komunikasi Kemitraan, Anggia Ermarini; Ketua Umum KOI, Erick Thohir; serta CDM Sea Games Indonesia Azis Syamsudin untuk memenuhi undangan resmi dari Khairy Jamaluddin.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak setuju jika masalah ini akan dituntaskan dengan segera. Khairy juga berjanji pihaknya tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia menyertakan lima poin hasil pernyataan antara Khairy Jamaluddin dengan Imam Nahrawi.

Berikut lima poin pernyataan yang dikeluarkan Kemenlu Indonesia, Minggu (20/8/2017):

1.Menteri Luar Negeri Indonesia telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Malaysia pada tanggal 19-20 Agustus 2017 untuk menyampaikan “ketidaknyamanan” atas kesalahan ini dan menegaskan bahwa bendera merupakan lambang negara yang patut dihormati oleh semua negara secara benar. Menlu Indonesia menegaskan perlunya permintaan maaf resmi dari Pemerintah Malaysia.     

2. Mengawali hal ini, Menteri Belia dan Sukan Malaysia telah menyampaikan permohonan maaf kepada Menpora RI dan seluruh rakyat Indonesia terkait kesalahan pencetakan bendera pada pertemuan antara kedua Menpora pada tanggal 20 Agustus 2017 jam 12.00 waktu setempat. Pada Pertemuan ini, Menpora didampingi oleh Chef de Mission SEA Games Indonesia, Aziz Syamsuddin, Ketua Komite Olahraga Indonesia, Erick Tohir dan Wakil Kepala Perwakilan KBRI KL.

3. Mengenai buku yang memuat kesalahan pencetakan adalah edisi terbatas untuk VVIP, akan ditarik untuk dicetak ulang dengan benar untuk kemudian disampaikan lagi kepada penerimanya pada kesempatan pertama.

4. Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada pertemuan ini menyampaikan bahwa permintaan maaf tersebut dapat dimaklumi, namun demikian hendaknya juga disampaikan secara resmi oleh Pemerintah Malaysia, dengan merujuk kepada komunikasi antara kedua Menlu. Beliau juga menegaskan agar kiranya hal ini tidak mengganggu atlet nasional Indonesia untuk tetap berprestasi maksimal dalam SEA Games 2017.

5. Pemerintah RI menghimbau masyarakat untuk tetap mendukung atlet Indonesia dalam SEA Games ke-29 dan mensukseskan jalan untuk meraih prestasi semaksimal mungkin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini