Share

Sebelum Dibawa ke Track, Ban Motor Harus Dipanaskan hingga 90 Derajat Celsius!

Karina Nur Shabrina, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 38 1759608 sebelum-dibawa-ke-track-ban-motor-harus-dipanaskan-hingga-90-derajat-celcius-Bb19ggfSY7.jpg Motor Honda (Foto: Laman Box Repsol)
A A A

AALST Gelaran balap MotoGP memiliki kalender balapan yang berlangsung setiap akhir pekan selama menghabiskan balapan tiap musimnya. Berkompetisi setiap tahun, tentunya tim-tim jagoan yang tampil di hajatan kasta tertinggi balap motor itu sudah terbiasa melakukan ritual di pit box.

Kali ini, Tim Repsol Honda berbagi informasi mengenai ban motor yang dipakai pembalap andalannya. Dikutip dari laman Box Repsol Honda, Senin (21/8/2017), ternyata ban motor yang akan dipakai harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dibawa ke luar lintasan.

Tak tanggung-tanggung, ban depan dan ban belakang motor yang akan melaju bersama RC213V harus masuk ke pemanas yang diatur hingga 90 derajat celsius! Michelin selaku produsen ban pun mengimbau agar ban dipanaskan selama satu jam sebelum dipakai untuk balapan.

Masih dikutip dari sumber yang sama, ban para pembalap andal memang harus memiliki temperatur yang tinggi untuk tetap berada di atas aspal lintasan balap. Lama waktu pemanasan sendiri bisa berbeda tergantung situasi.

Michelin memperbolehkan ban dimasukkan ke box pemanas selama dua jam jika memang kondisi harus disesuaikan. Setelah dipanaskan, lantas bagaimana ketika ban siap menyangga motor jagoan para pembalap?

Saat menyentuh aspal dan menjadi faktor penting pengantar asa para pembalap, temperatur yang ideal pada ban depan adalah 100 derajat celsius, sementara ban belakang memiliki temperatur lebih tinggi yakni 120 derajat celsius.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini