Share

SPORTPEDIA: MotoGP 2008, Momen Perdana dan Terakhir Valentino Rossi Raih Kemenangan di Motegi

Rully Fauzi, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 26 38 1783198 sportpedia-motogp-2008-momen-perdana-dan-terakhir-valentino-rossi-raih-kemenangan-di-motegi-iCrZltjtby.jpg
A A A

PEMBALAP Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memang tampil luar biasa di Aragon, Spanyol akhir pekan lalu. Masih belum pulih total dari cedera patah tulang tibia dan fibula di kaki kanannya, The Doctor mampu bersaing dengan sederet rider top dan akhirnya finis di posisi lima pada balapan ke-13 MotoGP 2017 tersebut.

Rossi sendiri sudah menyatakan kalau gelar juara dunia sudah tak lagi jadi prioritas utamanya di musim ini. Rider berusia 38 tahun itu buru-buru comeback di Aragon karena memang tak ingin ritme balap yang sudah ia bangun sejak awal musim ini terganggu.

Rossi saat ini tengah bercokol di peringkat kelima papan klasemen MotoGP 2017, tertinggal 56 poin dari jagoan Repsol Honda, Marc Marquez, yang ada di puncak. Setelah seri Aragon, MotoGP 2017 pun akan memasuki kawasan Asia sebelum seri penutup di Valencia, Spanyol, pada 12 November 2017. Seri berikutnya sendiri akan dihelat di Motegi, Jepang, pada 15 Oktober 2017.

Kembali ke Rossi, rider berkebangsaan Italia itu telah lima kali naik podium di MotoGP 2017. Namun, ia baru sekali naik podium tertinggi alias meraih kemenangan, yakni di Assen, Belanda. Well, tentu Rossi akan sangat berharap untuk bisa meraih kemenangan lagi di MotoGP 2017, meski akhirnya mungkin tidak meraih titel.

Bicara soal rekor, semenjak MotoGP Jepang digelar di Motegi pada 2004 –seri di Jepang tak lagi digelar di Suzuka usai Daijiro Kato tewas saat race pada 2003, Rossi memang punya catatan yang cukup bagus.

Rossi tercatat tujuh kali naik podium di Motegi sejak 2004. Namun, eks rider Honda dan Ducati itu baru satu kali menang di sirkuit kebanggaan Jepang tersebut, yakni pada MotoGP 2008. Di musim tersebut, Rossi pun sukses mengunci gelar juara dunia.

Selama berkarier di premier class, Rossi sudah tujuh kali jadi juara dunia. Sementara jika ditotal, VR46 telah sembilan kali jadi kampiun Grand Prix. Meski demikian, Rossi terakhir kali merengkuh titel juara di MotoGP adalah pada musim 2009 silam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini