Share

Mobil F1 Zaman Kini Terlihat Mirip, Begini Reaksi Desainer Legendaris

Ezha Herdanu, Jurnalis · Minggu 19 November 2017 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 19 37 1816605 mobil-f1-zaman-kini-terlihat-mirip-begini-reaksi-desainer-legendaris-HjVYywgFMR.jpg Para pembalap Formula One (Foto: AFP)
A A A

LONDON – Jika dibandingkan beberapa tahun lalu, mobil Formula One (F1) saat ini memang terlintas memiliki kemiripan. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa mobil-mobil yang berpartisipasi di kejuaraan dunia F1 kali ini satu model saja.

Hal tersebut memang bak seperti pisau bermata dua. Persamaan tipe mobil tersebut memang membuat persaingan antar tim menjadi lebih seimbang, namun di sisi lain hal tersebut justru membuat kejuaraan dunia F1 saat ini tak memiliki estetika.

Baca Juga: Head-to-Head dengan Valtteri Bottas, Vettel Siap Kunci Posisi 2 Klasemen Akhir F1 2017

Mengetahui kondisi tersebut lantas mendapatkan komentar langsung dari desainer mobil legendaris, Gordon Murray. Ia menilai bahwa tipe-tipe mobil yang tampil di F1 saat ini sangat memalukan, dan tidak menarik untuk dilihat.

“Tak banyak bisa dijelaskan dari mobil F1 saat ini ketika bicara estetika, saya pikir memalukan. Saya tidak keberatan adanya fakta dominasi aerodinamika, tetapi memang regulasinya memaksa mereka untuk terlihat sama semua,” ucap Murray, seperti disadur dari Motorsport, Minggu (19/11/2017).

“Coba saja letakkan mereka semua dalam satu ruangan, lalu diberi cat putih semua lantas minta seseorang untuk mengenali dalam 30 detik. Saya tidak berpikir ada yang bisa. Inilah mengapa saya tidak suka,” lanjut pria berusia 71 tahun itu.

Baca Juga: Berjuang Raih Tempat 2, Hamilton Ragu Bottas Butuh Bantuan

Selain itu, Murray juga mengungkapkan rasa bersyukurnya bekerja di F1 pada saat lebih banyak perbedaan dan variasi antara mobil. Yang mana hal tersebut mendorong dirinya untuk membuatnya mobil berpenampilan beda seperti Brabham BT52 1983.

“Saya ada di F1 pada 1970-an dan ’80-an, zaman ketika lebih banyak kebebasan dalam rancangan, utamanya dari sisi penempatan bobot utama kendaraan. Begitu peraturan mengatakan dimana posisi pengemudi, tangki bensin dan mesin harus ditempatkan, disitulah semuanya terhenti,” tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini