Share

3 Kecelakaan Paling Tragis di MotoGP, Nomor 1 Libatkan Valentino Rossi

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 20 November 2017 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 20 38 1817343 3-kecelakaan-paling-tragis-di-motogp-nomor-1-libatkan-valentino-rossi-YbAJtd2xhG.jpg Kecelakaan di MotoGP Sepang 2011 (Foto: AFP)
A A A

GELARAN MotoGP tidak hanya mengenai soal balapan. Sebuah insiden sering kali menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi sebuah tontonan. Tetapi sebuah kecelakaan tentu bisa berakibat fatal. Bahkan tak jarang mengundang kematian yang membahayakan bagi pembalap itu sendiri. Berikut tiga kecelakaan paling tragis di MotoGP.

1. MotoGP Malaysia 2011 - Marco Simoncelli

Pada 2011 MotoGP harus memakan korban. Sirkuit Sepang, Malaysia, menjadi saksi ketika Marco Simoncelli harus menghembuskan nafas terakhirnya, akibat insiden tragis yang melibatkan dirinya dengan legenda MotoGP yakni Valentino Rossi.

Kejadian bermula, pembalap yang saat itu masih berusia 24 tahun hampir terjatuh dan tengah berusaha menyeimbangkan diri. Tapi bukan bangkit kembali, Simonceli justru terpeleset dan bersenggolan dengan motor VR46. Hingga akhirnya motor tersebut bertabrakan dengan tubuh Simonceli dan bahkan helm pembalap Italia itu terlepas.

Kejadian tersebut menjadi salah satu insiden yang paling tragis di ajang MotoGP. Nyawa Simoncelli pun tak tertolong lagi. Ia menghembuskan nafas terakhir dan olahraga motorsport berduka atas insiden tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. MotoGP 2003 - Dajiro Kato

Pembalap asal Jepang merupakan harapan dari Jepang yang kala itu namanya tengah naik daun di MotoGP. Bahkan ia berpeluang untuk meraih gelar juara dunia karena memiliki penampilan yang apik. Tapi harapan itu musnah ketika Kato harus menghembuskan nafas terakhir.

Sebuah kecelakaan yang menimpanya di rumah sendiri, menjadi akhir dari hidup Kato. Pada GP Jepang 2003 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Kato mengalami kecelakaan tunggal. Di sebuah tikungan ia tak mampu mengontrol motornya dan menabrak dinding batas dengan keras. Meski harapan hidupnya masih ada, tapi nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

3. MotoGP Valencia 2006

Balapan MotoGP Valencia 2006 tampaknya menjadi momok bagi para pembalap. Betapa tidak, sebuah insiden yang melibatkan para pembalap pun terjadi. Kejadian tersebut  bermula dari Sete Gibernau dan Loris Capirossi yang saling bersenggolan di lap 1 tikungan pertama. Keduanya pun terpental.

Belum sampai di situ, Capirossi yang terpelentang akhirnya menabrak motor lainnya yang mengakibatkan Marco Melandri terjatuh. Keduanya pun terserat yang kemudian membuat Dani Pedrosa dan John Hopkins ikut terjatuh. Insiden tersebut akhirnya membuat start balapan kembali diulang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini