Share

Sang Guru Achmad Dradjat Apresiasi Animo Terhadap Tarung Derajat

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 20 November 2017 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 20 43 1816850 sang-guru-achmad-dradjat-apresiasi-animo-terhadap-tarung-derajat-4SzRKsuhgY.jpg Achmad Dradjat (Foto: Avirista Midaada/OKEZONE)
A A A

BATU - Seni bela diri tarung derajat mulai berkembang di Indonesia, hal ini terbukti dari sudah terdapat 29 pengurus federasi provinsi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. 

Hal ini disampaikan pencetus olahraga tarung derajat, Achmad Dradjat saat menghadiri Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Piala Gubernur I di GOR Gajah Mada, Kota Batu pada Sabtu dan Minggu (18-19/11).

"Perkembangannya cukup bagus. Kita sudah punya 29 pengurus di 29 provinsi. Sementara di pekan olahraga pelajar di Jawa Tengah kemarin kita juga sudah berpartisipasi," ujarnya saat ditemui awak media, Minggu (19/11/2017).

Selain itu, di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional sudah dua kali olahraga asli Indonesia berpartisipasi di dalamnya. 

"Kita sudah ikut kejuaraan kategori olahraga mulai dari anak - anak hingga dewasa," ungkapnya. 

Hal ini tentu menunjukkan eksistensi olahraga tarung derajat sebagai olahraga asli Indonesia di tengah maraknya olahraga bela diri dari luar negeri. 

"Kita harus bangga selain punya pencak silat. Seiring perkembangan, tarung derajat juga mampu mengimbangi bela diri dari luar negeri di era modern ini," tutur pria yang dianugerahi Sang Guru ini. 

Ia memberikan apresiasi terhadap setiap penyelenggaraan kejuaraan tarung derajat. Mengingat ini akan menghasilkan atlet - atlet muda potensial dan bisa membentuk karakter pemuda. 

Terkait rencana Walikota Batu yang mengusulkan olahraga tarung derajat masuk ekstrakulikuler di sekolah - sekolah di Kota Batu. Pihaknya mendukung langkah sang Walikota, bahkan pihaknya dan federasi bersedia jika harus memberikan pelatih langsung kepada para siswa. 

"Bisa mengarahkan pelajar ke arah yang lebih positif dengan adanya ekstrakulikuler tarung derajat di sekolah di Kota Batu," jelasnya. 

Menurutnya sebagai olahraga bela diri asli Indonesia, tentu memiliki nilai dan cerminan pembelajaran akhlak yang baik untuk perkembangan para anak muda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini