Share

Gunakan Fairing Menyerupai Winglet, Dovizioso: Larangan Penggunaan Sayap di MotoGP Adalah Sebuah Lelucon

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 38 1817701 gunakan-fairing-menyerupai-winglet-dovizioso-larangan-penggunaan-sayap-di-motogp-adalah-sebuah-lelucon-VQg8nwTpEa.jpg Fairing Yamaha (Foto: AFP)
A A A

VALENCIA – Pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso, menegaskan larangan MotoGP untuk menggunakan winglet saat balapan merupakan sebuah lelucon. Hal tersebut ia katakan setelah melihat bentuk fairing baru yang diciptakan Yamaha selama sesi uji coba di Valencia pekan lalu.

Sebelumnya MotoGP telah melarang penggunaan winglet yang telah dipelopori Ducati pada akhir musim lalu. Alasan keamanan menjadi faktor utama MotoGp melarang penggunaan sayap aerodinamis tersebut. Kabarnya serpihan winglet yang hancur saat kecelakaan serta bentuk winglet yang melebar, dapat membahayakan pembalap apabila tak sengaja mengenainya.

Akibatnya musim ini beberapa pabrikan tim MotoGP menciptakan sebuah fairing aerodinamis untuk menutupi kekurangan winglet musim lalu. Dari semua pabrikan, terbukti Ducati memang paling agresif dari segi desainnya.

Baca Juga:

(Vinales Yakin Fairing Baru Yamaha Tidak Menyalahi Aturan)

Di sisi lain, Yamaha yang sedikit lebih konservatif mencoba desain baru yang mereka tes dalam uji coba di Valencia. Fairing tersebut menampilkan sisi tajam yang serupa dengan winglet yang pernah dilarang musim lalu.

“Saya tidak ingin membuat kontroversi, tapi hanya ada satu kemungkinan interpretasi. Kami diberitahu bahwa winglet dilarang karena terlalu berbahaya dan fairing hari ini lebih berbahaya daripada winglet,” menyadur dari Speedcafe, Selasa 21 November 2017.

“Saya setuju dengan peraturan yang berlaku saat ini, tapi fairing baru membuktikan bahwa alasan yang diambil saat itu adalah sebuah lelucon. Jadi itu menunjukkan bahwa alasan sesungguhnya pelarangan winglet itu adalah untuk membatasi kemajuan Ducati,” tandasnya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini