Share

SPORT TIME: 5 Smash Terkencang di Bulu Tangkis, Nomor 1 di Luar Dugaan

Reza Saputra, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 40 1818019 sport-time-5-smash-terkecencang-di-bulu-tangkis-nomor-1-di-luar-dugaan-BbkUc4thn7.jpg
A A A

SELAIN sepakbola, bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia. Hampir di setiap generasi selalu lahir atlet-atlet yang mampu mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional.

Sebut saja nama-nama macam Liem Swie King, Rudi Hartono, Taufik Hidayat, hingga yang teranyar pasangan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Semua nama tersebut pernah mengharumkan nama Indonesia dalam turnamen internasional.

Selain itu, nama-nama seperti Liem Swie King juga sempat menghebohkan dunia dengan kemampuan jump smash yang mematikan. Hasilnya, ia sukses mempersembahkan tiga gelar All England pada periode 1978, 1979 dan 1981.

Ya, smash memang menjadi salah satu teknik wajib yang dimiliki para pebulu tangkis untuk dapat mendulang poin saat pertandingan. Tak heran, kini atlet-atlet tepok bulu di seluruh dunia memiliki smash-smash yang sangat kencang.

Berikut, Okezone merangkum lima smash terkencang di bulu tangkis:


5. Parupalli Kashyap - 401 kmph

Pebulu tangkis India ini sebenarnya merupakan pemain andalan negara tersebut di sektor tunggal putra. Sayang, cedera yang diderita membuatnya harus mengalami penurunan performa. Akibatnya, ia harus absen di Olimpiade Rio 2016 dan mengalami penurunan ranking di BWF.

Namun, selama puncak kariernya, pebulu tangkis  yang bertempat tinggal di Hyderabad, India itu mampu memberikan perlawanan sengit kepada nama-nama tenar di dunia olahraga tepok bulu tersebut.

Salah satu penampilan terbaik Kashyap adalah menjadi juara di Commonwealth Games 2014 dan menjadi pebulu tangkis India pertama yang mencapai perempatfinal di Olimpade pada 2012.

Sayang, gelaran Jepang Open 2015 menjadi penampilan terakhir Kashyap dalam kondisi sepenuhnya fit. Pada saat turnamen tersebut, pebulu tangkis 31 tahun itu mampu membuat smash terkencang yang mencapai 401 kilometer per jam.






Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Viktor Axelsen – 404 kmphAxelsen saat ini merupakan pebulu tangkis dengan ranking terbaik di dunia. Masih berusia 23 tahun, nyatanya pebulu tangkis Denmark tersebut sempat menggemparkan dunia dengan meraih medali perunggu di Olimpiade Rio 2016. Tidak hanya itu, bahkan ia dengan cepat mampu menyalip kompatriotnya, Jan O Jorgensen sebagai penerus pebulu tangkis legendaris Denmark, Peter Gade.

Axelsen terkenal dengan pemikiran cepat, kemampuannya meng-cover lapangan, serta penempatan bola yang sangat cerdik. Selain itu, juara dunia BWF 2017 itu juga memiliki smash yang mematikan, meski tak jarang ia mengajak lawannya untuk memainkan rally.Salah satu momennya adalah saat pertandinan Jepang Open 2015. Saat itu, Axelsen mampu mencatatkan smash mematikan dengan kecepatan mencapai 404 kilometer per jam yang membuat semua orang tercengang. Meskipun pada akhirnya ia harus menyerah dari Lin Dan di partai final.

3. Jan O Jorgensen – 407 kmphJan O Jorgensen sempat menjadi nama yang diperhitungkan di dunia bulu tangkis. Penampilan apiknya beberapa waktu lalu sempat membawa pebulu tangkis Denmark tersebut menempati peringkat dua dunia pada Januari 2015.

Sayang, kegagalannya dalam beberapa turnamen di tahun ini membuat Jan O Jorgensen mengalami penurunan peringkat. Saat ini, pebulu tangkis berusia 29 tahun tersebut harus terlempar ke posisi 35 dunia. Hal itu dialami Jorgensen karena ia juga masih berkutat dengan cedera tumit kakinya sejak Desember 2016 yang hingga kini masih belum pulih benar.Namun, Jan O Jorgensen sempat membuat penampilan apik saat turun di partai semifinal Malaysia Open Superseries 2015 melawan Lee Chong Wei. Saat itu ia mampu mencatatkan smash terkencang dengan kecepatan mencapai 407 kilometer per jam. Meski pada akhirnya, harus mengakui keunggulan Lee Chong Wei.

2. Lee Chong Wei – 408 kmphDianggap sebagai salah satu yang terbaik di lapangan bulu tangkis, Lee Chong Wei memberikan banyak kenangan kepada para pendukungnya. Meski tidak pernah meraih gelar juara dunia, atau mempersembahkan emas Olimpiade, kemampuan pebulu tangkis Malaysia itu tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun, image-nya sempat tercoreng dengan penggunaan dopping pada 2014. Hasilnya, pebulu tangkis 35 tahun tersebut membuatnya harus absen dalam beberapa bulan sehingga mengalami penurunan ranking.

Lee Chong Wei comeback dengan turun di ajang Hong Kong Open 2015. Meski tidak diunggulkan, ia justru mampu keluar sebagai juara. Selama tampil di Hong Kong Open, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu berhasil mencatatkan smash terkencang dengan kecepatan 408 kilometer per jam.

1. Mads Pieler Kolding - 426 kmph

Kolding menjadi satu-satunya nama di nomor ganda yang berhasil menempati posisi lima besar pemilik smash tercepat. Tidak hanya posisi lima besar, pebulu tangkis Denmark tersebut merupakan pemilik smash tercepat di dunia. '

Ya, saat itu nomor ganda di bulu tangkis bisa dikatakan tengah mengalami peningkatan kecepatan. Sering kali rally panjang yang terjadi dihiasi oleh smash-smash mematikan. Kolding pernah mencatatkan kecepatan smash 246 kilometer per jam saat tampil di Premier Badminton League, yang merupakan Liga Bulu Tangkis India pada edisi 2017. Kala itu, Kolding memperkuat klub Chennai Smashers yang akhirnya keluar menjadi juara tahun ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini