Share

Liem Swi King dan Susi Susanti Tersanjung Namanya Dijadikan Piala Superliga Junior 2017

ant, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 01:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 40 1818028 liem-swi-king-dan-susi-susanti-tersanjung-namanya-dijadikan-piala-superliga-junior-2017-MNRywiRQH3.jpg Liem Swie King. (foto:Antara)
A A A

JAKARTA - Pemain nomor tunggal legendaris Indonesia, Liem Swie King dan Susi Susanti tersanjung namanya diabadikan menjadi piala yang diperebutkan dalam kejuaraan bulu tangkis Superliga Junior 5-10 Desember 2017 dengan masing-masing dalam sektor putra dan putri.

"Saya sendiri, dengan digunakannya nama saya sebagai nama piala bergilir Superliga Junior saya merasa tersanjung, itu buat saya satu kebanggan tersendiri," kata Susi dalam konferensi pers Superliga Junior di Jakarta, Selasa.

Dengan diabadikannya nama dia sebagai nama piala, Susi mengharapkan bisa memberi motivasi bagi atlet-atlet muda untuk memberikan yang terbaik bagi negara.

"Dengan ini saya ingin menyuarakan semangat dan motovasi sendiri bagi atlet-atlet muda kita dengab harapan bahwa atlet muda Indonesia bisa mencapai prestasi, bisa berkiprah dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ujar Susi.

Adapun Lim Swie King yang berbicara dalam rekaman videonya yang ditayangkan di lokasi konferensi pers, juga mengungkapkan hal yang sama bahwa dirinya merasa tersanjung dan senang dengan penggunaan namanya menjadi nama trofi kejuaraan beregu junior.

"Saya tersanjung dan kadang-kadang merasa belum pantas untuk itu, tapi saya merasa senang dwngan ini," kata King dalam rekaman video.

Menurut King, dengan adanya kejuaraan turnamen ini, menjadi modal berharga para pemain muda untuk menimba pengalaman turun di nomor beregu.

"Kalau beregu itu beda dengan individu, jadi ya satu untuk semua dan semua untuk satu dengan pernah mengalami permainan beregu, kita pasti bisa mengatasinya, dalam beregu apalagi ketika menjadi penentuannya," tutur King yang mengaku selalu membaca buku silat untuk menghilangkan ketegangan ketika menjadi pemain penentu.

Jika mengacu pada data yang ada, dua pemain ini pantas diabadikan sebagai nama trofi kejuaraan bulu tangkis junior beregu antar-klub dengan prestasi di kategori teesebut yang tak bisa diremehkan.

King berhasil mengantarkan Indonesia menjadi kampiun Piala Thomas (1976, 1979 dan 1984), Asian Games (1978) dan SEA Games (1977, 1979, 1983, 1985 dan 1987).

Sementara Susi, mengantarkan Indonesia menjadi kampiun di Piala Sudirman (1989), Piala Uber (1994 dan 1996) dan SEA Games (1987, 1989, 1991, 1993 dan 1995).

Superliga Junior sendiri, akan menggunakan format beregu piala Thomas dan Uber ini terbagi dalam dua kategori yakni U-17 yang memperebutkan piala Superliga Junior, serta U-19 yang memperebutkan piala bergilir Liem Swie King (putra) dan Susi Susanti (putri).

Dalam kategori U-19 terdapat delapan klub yang akan bertanding yakni PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung dan tiga klub yang masing-masing berasal dari Jepang, Malaysia dan Korea Selatan.

Sementara untuk kategori U-17 akan diikuti PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung, Fifa Badminton Club, PB Sarwendah Jakarta, PB Candra Wijaya Tangerang, sehingga terdapat 11 klub bulu tangkis papan atas dari Indonesia, Jepang, Malaysia hingga Korea Selatan yang akan menurunkan atlet terbaiknya di dua kategori pertandingan.

Blibli.com Superliga Junior 2017 ini sendiri menjanjikan total hadiah sebesar Rp265 juta. Untuk kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti, masing-masingnya akan memperebutkan hadiah sebagai juara I Rp100 juta, juara II Rp50 juta, dan juara III bersama Rp25 juta.

Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Superliga Junior akan mendapatkan hadiah sebagai juara I Rp50 juta, juara II Rp25 juta dan juara III bersama Rp15 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini