Share

ANALISIS: Ini Dia 4 Penyelamatan Gila Marquez di Seri Pemungkas MotoGP 2017

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 38 1818916 analisis-ini-dia-4-penyelamatan-gila-marquez-di-seri-pemungkas-motogp-2017-Y1IdNwUOl8.jpg Marc Marquez. (Foto: Crash.net)
A A A

PEMBALAP Repsol Honda, Marc Marquez dianggap sebagai pembalap fenomenal di arena MotoGP. Ia berhasil mempertahankan gelar juara dunia dengan tampil heroik di laga pemungkas.

Tekanan sempat datang pada diri Marquez di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Bagaimana tidak, ia mendapatkan gangguan dari pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Belum lagi perebutan titel juara dunia antara dirinya dengan Andrea Dovizioso (Ducati Corse).

Ya, saat melahap 23 race, Marquez sempat hampir terjatuh saat ingin mengambil posisi pertama dari Zarco. Alhasil, di tikungan pertama, The Baby Alien kehilangan konsentrasi hingga terlambat mengerem.

Untungnya, juara bertahan MotoGP itu mampu melakukan penyelamatan, hingga akhirnya dirinya mampu menuntaskan balapan di posisi ketiga. Ia pun memantapkan diri meraih gelar juara untuk keempat kalinya .

Dari penampilan hebar Marquez, Crash mencatat ada empat penyelamatan penting yang dilakukannya. Tentu itu tak bisa dilupakan oleh penggemar MotoGP, apabila Marquez terjatuh bisa saja, Dovizioso mampu menggeber kuda besinya untuk bisa keluar sebagai yang tercepat.

Berikut Penyelamatan Gemilang Marquez di Seri Pamungkas MotoGP:

1. Lakukan Pengereman 30 meter Lebih Lambat

Marquez melakukan pengereman 30 meter lebih lambat dibandingkan pada lap-lap sebelumnya.

2. Lakukan Penyelamatan dalam Jarak 50 meter

Kejadian mendebarkan terjadi hanya sekejap mata. Namun, saat Marquez kehilangan kendali, ban depan motornya sliding sejauh 50 meter. Lantas, Marquez menggunakan siku dan lututnya untuk menahan berat badan untuk mengimbangi berat motor supaya tak terjatuh.

3. Sudut Kemiringan 64 derajat

Saat kejadian di lap ke-27 itu, Marquez menciptakan sudut kemiringan mencapai 64 derajat. Hebatnya, rider asal Spanyol itu tak terjatuh, bahkan bisa mengendalikan kembali motornya sebelum masuk gravel.

4. Kecepatan 153 km/jam

Kecepatan Marquez saat memasuki tikungan pertama adalah 153 km/jam. Ia pun menggunakan gigi tiga saat berada di gravel.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini