Share

SPORT TIME: 5 Pembalap dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP/Premier Class

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 38 1819158 sport-time-5-pembalap-dengan-kemangan-terbanyak-di-motogp-premier-class-VDxdbwLE7V.jpg Valentino Rossi (Foto: laman resmi MotoGP)
A A A

BALAPAN memang selalu menghadirkan prestasi-prestasi mentereng dari para rider. Semua yang berkecimpung di dunia balap MotoGP, para rider berlomba untuk menjadi yang terbaik dan memenangkan titel juara.

Selain menjadi yang terbaik, Okezone akan membedah siapa saja para rider yang memiliki kemenangan terbanyak selama berkarier di kelas tertinggi MotoGP. Berikut lima nama yang telah dirangkum oleh Okezone.

5. Casey Stoner

Pembalap asal Australia, Casey Stoner, masuk ke dalam lima rider yang mampu mengamankan kemenangan terbanyak. Stoner memulai kariernya di kelas tertinggi MotoGP pada 2006 hingga 2012 setelah lima musim sebelumnya memulai karier dari kelas 125 cc dan 250 cc.

Pembalap yang kini berusia 32 tahun itu tercatat memiliki kemenangan sebanyak 38. Pertama kali ia bukukan saat balapan di MotoGP Qatar yang bertempat di Sirkuit Losail pada musim 2007. Pada musim tersebut, The Kurri Kurri Boy –julukan Stoner– juga mampu menutup musim sebagai juara dunia pertamanya bersama Ducati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Jorge Lorenzo

Pembalap yang kini bernaung di Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, sempat menuai masa-masa indah bersama Movistar Yamaha. Memulai karier di kelas tertinggi MotoGP pada 2008, Lorenzo mampu menjawab keraguan dengan memenangkan predikat sebagai Rookie of The Year.

Sejak 2008 itu, X-Fuera –julukan Rossi– mampu mengamankan 44 kemenangan hingga musim ini. Sayangnya pundi-pundi kemenangan tersebut tak bisa ditambahkan pembalap asal Spanyol itu di musim ini.

Sebab rider berusia 30 tahun itu belum mampu mengamankan podium pertama di musim ini bersama Ducati. Bahkan podium terbaiknya tercatat hanya finis di urutan tiga saat mengaspal di MotoGP Spanyol dan Aragon.

3. Mick Doohan

Setelah Stoner, pembalap asal Australia lainnya, Mick Doohan, kembali masuk ke dalam lima daftar rider dengan kemenangan terbanyak di MotoGP. Doohan menorehkan 54 kemenangan saat memulai karier di MotoGP pada 1989 hingga 1999.

Kemenangan pertama Doohan di kelas MotoGP –dulu bernama kelas 500 cc– terjadi pada 1990. Saat itu, mantan pembalap yang kini berusia 52 tahun tersebut tengah unjuk gigi di MotoGP Hungaria yang digelar di Sirkuit Hungororing.

Sementara kemenangan terakhir dibukukan Doohan pada MotoGP 1998 saat mengaspal di Argentina. Selepas itu, Doohan tak lagi meraih kemenangan hingga ia memutuskan untuk berhenti dari ajang MotoGP pada 1999.

2. Giacomo Agostini

Pembalap asal Italia, Giacomo Agostini, juga tercatat sebagai rider yang memiliki kemenangan terbanyak sepanjang kariernya di MotoGP. Agostini mencatatkan 68 kemenangan sejak berkarier pada 1964 hingga 1977.

Kemenangan pertama dibukukan mantan rider yang kini berusia 75 tahun itu pada musim 1965 di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Sementara kemenangan terakhirnya dicatatkan Agostini pada musim 1967 di tempat yang sama.

1. Valentino Rossi

Pembalap terakhir yang mencatatkan kemenangan paling banyak adalah Valentino Rossi. Rider asal Italia itu mampu mencatatkan kemenangan sebanyak 89 kali. Torehan itu diraih selama Rossi menjajal kelas tertinggi MotoGP sejak tahun 2000 hingga saat ini.

Kemenangan pertama di kelas tertinggi MotoGP itu diraih rider berusia 38 tahun saat mengaspal di Sirkuit International, Brasil, pada 2000. The Doctor mendapatkan kemenangan pertamanya saat bernaung di markas Honda.

Kemenangan terakhir yang dicatatkan oleh Rossi, ia raih saat balapan di Sirkuit Assen, Belanda pada musim 2017. Kemenangan itu menjadi satu-satunya podium tertinggi yang diraih oleh Rossi di tahun lalu dan ia hanya menutup musim di urutan kelima.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini