Share

Di Asian Games 2018, PBVSI Bidik 1 Emas

ant, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 40 1819389 di-asian-games-2018-pbvsi-bidik-1-emas-aMlraERdY1.jpg Atlet Voli Pantai Indonesia sedang berlatih. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)
A A A

JAKARTA - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menargetkan satu emas dan posisi empat besar dalam kompetisi olahraga multicabang Asian Games 2018.

"Di Asian Games kami mentargetkan satu emas untuk voli pantai dan minimal menembus posisi di empat besar untuk voli 'indoor'," kata Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan (PP PBVSI) Hanny S Surkatty di Jakarta.

Target yang diungkapkan Hanny tersebut, bukan tanpa alasan dipasang, karena baik tim voli pantai maupun tim voli dalam ruangan (indoor) tengah menunjukkan peningkatan prestasi di ajang internasional.

Voli pantai diketahui berhasil mengawinkan gelar juara di Kejuaraan Asia Tenggara pada November 2017 serta meraih dua perak dan satu perunggu dalam Kejuaraan Asia Pasifik pada Oktober 2017. Sementara, tim voli dalam ruangan, berhasil meraih dua perak dalam ajang SEA Games 2017 Malaysia serta peringkat empat Kejuaraan Asia Voli Putra pada Agustus 2017.

"Atas alasan itu, kami memiliki kepercayaan diri untuk bisa berprestasi di ajang Asian Games meski lawan-lawan yang akan dihadapi kemungkinan berbeda, tapi kami harus memiliki pola pikir bahwa tidak ada lawan yang berat yang tergantung bagaimana pelatih meramunya seperti apa. jadi Strategi yang dipelajari," ujar Hanny.

Kendati memiliki target, PBVSI hingga saat ini belum melakukan pemusatan latihan dan mengukuhkan tim nasional untuk diikutkan dalam pesta olahraga multicabang negara-negara Asia ini, meskipun pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengamanatkan untuk segera membentuk tim dan mengajukan program termasuk anggarannya.

"Memang sudah dianjurkan untuk itu semua, tapi kami masih menunggu prosedurnya harus seperti apa karena belum ada arahan yang cukup jelas dari Kementerian. Namun demikian, tim pelatnas tetap ada walau saat ini sedang berlatih di masing-masing klub dan Januari akan kami mulai dengan kemungkinan pelatih baru," ujar Hanny.

Khusus untuk voli dalam ruangan, akan ada perubahan sekitar 10-20 persen dalam komposisi tim nasional voli yang turun di SEA Games 2017 Malaysia dengan melihat kualitas pemain-pemain yang berlaga di Kejuaraan Nasional antarklub Bola Voli bertajuk PGN Livoli 2017 divisi utama di Tangerang, Banten, pada 2-9 Desember 2017.

PGN sebagai rekan PBVSI selama tujuh tahun mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan federasi untuk kesuksesan prestasi cabang voli di ajang Asian Games 2018.

"Kita semua memiliki target tahun 2018 mendatang sebagai tahun keemasan voli Indonesia. Karenanya, kami berharap pada PB PBVSI hasil di kejuaraan-kejuaraan sebelumnya termasuk SEA Games kemarin, perak ditingkatkan jadi emas atau minimal setidaknya dapat meraih yang setingkat," kata Group Head, Strategic Stakeholder Management PGN Santiaji Gunawan di lokasi yang sama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini