Share

Jalin Kerjasama dengan Honda, Key: Toro Rosso Siapakan Sasis Baru untuk F1 2018

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Desember 2017 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 15 37 1831133 jalin-kerjasama-dengan-honda-key-toro-rosso-siapakan-sasis-baru-untuk-f1-2018-aa73KbAMUr.jpg Toro Rosso (Foto:AFP)
A A A

FAENZA - Bos teknis Toro Rosso, James Key, mengaku akan bekerja keras agar dapat menyesuaikan mesin Honda ke dalam sasis yang dibuat timnya untuk menjamu Formula One (F1) musim 2018.

Musim depan tim junior Toro Rosso tersebut resmi menjalin kerjasama dengan Honda sebagai pemasok mesinnya. Oleh sebab itu, tim yang berbasis di Faenza tersebut perlu berbenah diri agar mampu beradaptasi dengan mesin baru mereka.

Mengingat karakteristik yang berbeda dari mesin Honda, Key mengaku akan mendesain ulang bagian belakang mobil balap mereka untuk memenuhi spesifikasi mesin baru tersebut. Tentunya hal ini akan memakan waktu untuk melakukan riset dan uji coba agar dapat memperoleh hasil sempurna.

"Mesin milik Honda sangatlah kompak, namun arsitekturnya berbeda dengan yang dimiliki Renault. Jadi kami perlu bekerja keras agar dapat beradaptasi" ucap Key, sebagaimana diberitakan F1i, Jumat (15/12/2017).

Kabarnya Key akan berjuang membangun komponen yang seimbang di segi aerodinamika. Dengan adanya mesin baru yang mengubah bagian dari mobil, maka sistem aerodinamika tentunya juga akan mengalami beberapa perubahan di berbagai bidang.

Baca Juga:

(Terpuruk Selama 3 Musim, Honda: Saya Memahami Kekecewaan Alonso)

“Kami mencoba dan berpegang pada peraturan bahwa, jika sebuah mobil telah berada dalam proses pengembangan untuk sementara waktu. Kami akan melakukan pengubahan dari segi aerodinamika, meski tidak semuanya dimulai lagi dari nol,” lanjutnya.

“Kami telah menyesuaikan mobil dengan baik. Hal ini tentunya membuat pendekatan yang berbeda dengan desain sasis, cara kerja gearbox dan lainnya. Kami telah membawa konsep dan mengembangkannya lebih jauh dari mobil musim 2017.

Mobil Toro Rosso musim 2018 dipercaya akan menggunakan gearbox baru yang didesain in-house. Ini tentunya berbading terbalik dengan apa yang diterapkan pada era mesin Renault.

“Tata letak dan ukurannya berbeda untuk mesin Honda. Menurut saya konsepnya sama, namun arsitekturnya berbeda beberapa internal akan terbawa dan sebagian lainnya akan diganti,” tuntasnya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini