Share

5 Negara dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di Ajang Grand Prix

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 15 Desember 2017 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 15 38 1831015 5-negara-dengan-jumlah-kemenangan-terbanyak-di-ajang-grand-prix-sUm4BTmtxU.jpg Giacomo Agostini
A A A

PARA pembalap MotoGP memang berlomba untuk mendapatkan hasil terbaiknya dalam balapan paling bergengsi di dunia itu. Bahkan hasil terbaik itu mampu memberikan prestasi yang cukup mentereng bagi negara mereka masing-masing.

Ada beberapa pembalap yang mampu membawa lagu kebangsaan negaranya berkumandang saat ia berdiri di podium tertinggi. Berikut lima negara yang berhasil mencatatkan nama pembalap terbanyak sebagai pemenang di semua kelas MotoGP.

5. Jerman

Negara Jerman berhasil menempati urutan kelima dalam menyumbangkan pembalap terbanyaknya menduduki pada podium tertinggi. Bendera Jerman berhasil berkibar di posisi tertinggi sebanyak 175 kali yang dicatatkan oleh 26 rider.

Dari ke-26 rider itu, Anton Mang menjadi pembalap yang paling banyak menyumbangkan kemenangan bagi Jerman. Mang berhasil mencatatkan 45 kemenangan dalam kariernya yang dimulai pada 1975 hingga 1988.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Australia

Australia menjadi negera yang berhasil menyumbangkan pembalapnya sebagai pemenang dan menduduki posisi keempat. Bendera Australia berhasil berkibar sebanyak 180 kali di podium tertinggi lewat sumbangan 19 rider berbeda.

Pembalap yang paling banyak menyumbang kemenangan bagi negara yang sering disebut Negeri Kanguru itu adalah Mick Doohan dengan 54 kemenangan. Sementara sang juara MotoGP di era 500cc, Casey Stoner, berada di tempat kedua dengan menyumbangkan 45 kemenangan.

3. Inggris

Meski rider Inggris tak lagi menjadi jagoan di MotoGP era 2000-an, nyatanya Negeri Ratu Elizabeth itu mampu menyabet 401 kemenangan di balapan paling bergengsi itu. Dari 401 kemenangan tersebut, ada 52 rider Inggris yang sukses berdiri di podium tertinggi.

Mike Hailwood menjadi rider yang tercatat paling banyak meraih kemenangan dengan 76 kemenangan. Kemenangan tersebut berhasil ia catatakan dari semua kelas sejak kiprahnya di musim 1958 hingga 1967.

2. Spanyol

Spanyol merupakan salah satu penghasil juara MotoGP. Nama seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez masuk ke dalam tiga teratas nama rider yang memiliki kemenangan terbanyak. Lorenzo menempati urutan kedua dengan 65 kemenangan sementara Marquez di tempat ketiga dengan 61 kemenangan.

Sementara di urutan teratas ada nama mendiang Angel Nieto. Pembalap yang tutup usia di umur 70 tahun itu berhasil mencatatkan 90 kemenangan. Tak hanya tiga rider tersebut yang menyumbang kemenangan namun masih banyak lagi rider Spanyol yang mampu jadi juara dan jika di total ada 579 kemenangan dari 42 rider.

1. Italia

Italia menjadi negara dengan rider yang paling banyak menyumbangkan kemenangan. Tercatat ada 782 kemenangan yang diraih oleh 86 rider berbeda. Yang terbanyak disumbangkan oleh Giacomo Agostini dengan 122 kemenangan di sepanjang kariernya sejak 1964 hingga 1977.

Di tempat kedua menyusul Valentino Rossi yang mencetak 115 kemenangan sejak ia berkecimpung di dunia balap pada 1996 hingga saat ini. Bahkan dua nama tersebut tercatat sebagai rider yang paling banyak mencatatkan kemenangan dari semua rider yang pernah mentas di MotoGP.

1
5
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini