Share

Aprilia Bakal Pangkas Bobot RS-GP Jelang MotoGP 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 17 Desember 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 17 38 1831557 aprilia-bakal-pangkas-bobot-rs-gp-jelang-motogp-2018-WyXp5Exbv9.jpg Motor balap Aprilia 2017 (AFP)
A A A

FAENZA – Menduduki posisi juru kunci dalam gelaran MotoGP 2017, membuat Tim Aprilia berpikir keras mengenai cara meningkatkan performa mereka di musim mendatang. Di musim ini, dua pembalap Tim Aprilia, Sam Lowes dan Aleix Espargaro, tampil jauh dari kata mengesankan.

Sorotan pun langsung ditujukan kepada Lowes yang sepanjang musim ini selalu gagal finis di jajaran 10 besar ketika balapan. Dari 18 balapan yang dijalani musim ini, Lowes tercatat delapan kali gagal menyentuh garis finis. Tak ayal, manajemen Aprilia pun mendepak pembalap asal Inggris itu dari tim mereka dan menggantinya dengan Scott Redding.

(Baca juga: Scott Redding Targetkan Turunkan Berat Badan sebelum Musim Baru Dimulai)

Selain melakukan pergantian pembalap, upaya juga dilakukan Aprilia dengan memperbaiki kinerja sepeda motor mereka, RS-GP. Bos Aprilia, Romano Albesiano, menilai bahwa di musim ini RS-GP memiliki kelebihan bobot di beberapa tempat.

Hal itu dianggapnya mengurangi kecepatan karena motor menjadi lebih berat. Saat ini, berat minimum untuk bobot motor yang digunakan dalam MotoGP adalah 157kg. Maka, Albesiano pun bertekad menjadikan RS-GP memiliki bobot yang sama dengan jumlah minimum tersebut.

“Kami memiliki banyak ide untuk mengembangkan motor dan masing-masing ide merepresentasikan penjualan antara peningkatan performa dan terkadang meningkatkan bobot kendaraan. Jadi, kami sekarang akan mencoba menggunakan motor yang lebih cepat dari sebelumnya, namun berada pada batas minimum bobot kendaraan,” jelas Albesiano, menukil dari Crash, Minggu (17/12/2017).

“Jadi, untuk musim depan targetnya adalah tetap menjaga konten motor yang sama, mungkin menambahkan sesuatu, namun membuatnya berada di bawah standar minimum dan memungkinkan untuk memasang pemberat,” tuntas Albesiano.

Di musim lalu, Aprilia hanya mengemas 67 poin secara keseluruhan. Mereka terpaut enam poin dari Tim Reale Avintia yang berada di atasnya. 67 poin yang didapat Aprilia musim lalu disumbangkan oleh Espargaro sebanyak 62 angka, sedangkan lima poin lainnya dihasilkan Lowes.

Performa Lowes yang di bawah standar itulah yang membuat Aprilia pada akhirnya menggantinya dengan Redding. Di musim lalu Redding menyumbang 64 poin bagi Tim Octo Pramac dan membuat mereka finis di posisi kelima klasemen konstruktor.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini