Share

Terhenti di Semifinal Dubai Superseries Final 2017, Tontowi/Liliyana Akui Keunggulan Lawan

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Minggu 17 Desember 2017 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 17 40 1831567 terhenti-di-semifinal-dubai-superseries-final-2017-tontowi-liliyana-akui-keunggulan-lawan-PDcQU8NKAl.jpg Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Foto: PBSI)
A A A

DUBAI – Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir terhenti di semifinal Dubai Superseries Final 2017. Owi/Butet -sapaan akrab Tontowi/Liliyana- dikalahkan unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen dengan skor 12-21 dan 17-21 dalam waktu 38 menit di Hamdan Sports Complex, Sabtu 16 Desember 2017.

Tontowi/Liliyana di set pertama banyak tertekan dari Zheng/Qingchen. Pasangan peringkat tiga dunia itu sempat unggul 6-5 sebelum disalip lawannya menjadi 6-11 dan 12-21.

Memasuki set kedua, Owi/Butet berusaha memberikan perlawanan dan mengubah strategi. Namun, pasangan Negeri Tirai Bambu tetap mengendalikan ritme permainan dan menutup set kedua dengan skor 17-21.

Baca juga: Takluk dari Ganda China, Langkah Tontowi/Liliyana Terhenti di Semifinal Dubai Superseries Final 2017

Usai pertandingan, Liliyana mengatakan dirinya dan Tontowi memiliki pertahanan yang mudah ditembus Zheng/Cheng. Ia pun mengakui keunggulan lawannya tersebut yang bermain lebih menyerang sejak awal pertandingan.

Lebih lanjut, Liliyana menyebut dirinya tidak puas dengan hasil tersebut. Namun, ia bersama Tontowi sudah memberikan penampilan terbaik meski belum menjadi juara.

“Kali ini pertahanan kami kurang rapat. Zheng banyak spekulasi, kadang hanya chop dan sekali ‘tembak’ saja kami langsung ‘mati’, jadi kami tidak bisa berkembang. Bermain kan nggak mungkin menyerang terus, ada kalanya harus defense, nah saat defense, malah jebol. Permainan kami tidak keluar,” kata Liliyana, mengutip dari laman resmi PBSI, Minggu (17/12/2017).

“Pasti kami belum puas dengan hasil ini, karena kami punya banyak kesempatan di game kedua. Namun namanya game, nggak mungkin menang terus. Kami sudah berusaha dan kami akui hari ini lawan bermain lebih bagus,” sambungnya.

Baca juga: Tampil di Final Dubai Superseries Final 2017, Ini Kunci Kemenangan Marcus/Kevin Atasi Kamura/Sonoda

Di sisi lain, Tontowi menuturkan dirinya dan Liliyana memang tampil kurang maksimal. Ia menilai dirinya tidak bermain agresif seperti biasanya sehingga justru mudah diserang lawan.

“Penampilan kami memang tidak maksimal, terutama saya yang kurang agresif. Pertahanan saya gampang jebol, nggak seperti biasanya. Hari ini kurang pas ‘touch’ nya,” jelas Tontowi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini