Share

Kisah Rossi saat Start Terakhir di MotoGP Valencia 2015

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 17 38 1846202 kisah-rossi-saat-start-terakhir-di-motogp-valencia-2015-Qc65Aye5Nq.jpg Valentino Rossi (Foto: AFP)
A A A

PEMBALAP asal Italia, Valentino Rossi, merupakan sosok fenomenal di dunia MotoGP. Salah satu aksi yang membuat publik terpukau dengan keahliannya di dunia balap adalah pada balapan MotoGP 2015 yang berlangsung di Sirkuit Valencia, Spanyol.

Sebagai seri terakhir MotoGP, Valencia saat itu menjadi penentu bagi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang saling memperebutkan gelar juara pada musim tersebut. Namun, petaka datang ketika Rossi harus menerima hukuman berat pasca-aksinya di seri sebelumnya yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Pada balapan tersebut, VR46 dinyatakan bersalah karena melakukan aksi tidak terpuji karena menendang Marc Marquez pada saat balapan. Alhasil pembalap Tim Repsol Honda itu harus  terjatuh dan mengalami gagal finis karena motornya tidak dapat melaju dengan baik kembali.

Baca juga Ducati Tak Akan Ulangi Beri Kontrak Mewah untuk Pembalap

Perbuatan tersebut pun membuat The Doctor –julukan Rossi– harus menerima hukuman yakni start dari posisi paling terakhir di MotoGP Valencia. Sesuatu hal yang begitu menyedihkan, di mana Rossi harus berjuang keras untuk bisa merebut gelar juara dunia di seri terakhir, tetapi menerima nasib sial dengan start dari posisi terakhir.

Namun bukan Rossi, jika tidak melakukan keajaiban. Start dari posisi terakhir yakni 26, pada lap pertama, VR46 langsung menyusul pembalap lainnya dan menempati posisi 12. Belum sampai di situ, memasuki lap ke-12, tiba-tiba Rossi sudah berada di posisi keempat. Sayang ia tak mampu menyusul tiga pembalap di depannya yakni Lorenzo, Marquez dan Dani Pedrosa.

Alhasil, raihan tersebut gagal mengantarkan Rossi keluar sebagai juara dunia MotoGP untuk yang kedelapan kalinya. Total raihan poinnya hanya berjarak lima poin dari Lorenzo yang akhirnya keluar sebagai juara dunia MotoGP 2015.

Baca juga Franco Morbidelli Puji Kehebatan Marc VDS

Meski ada penyesalan dengan start yang dari paling terakhir, tetapi Rossi mengaku puas dengan performanya. Bahkan aksi luar biasanya tersebut berhasil mencetak sejarah baru sebagai pembalap comeback terbaik.

“Hari ini saya tidak terlalu cepat, tapi benar juga bahwa dengan ban baru di awal balapan, saya tidak bisa memberikan maksimal. Pastinya jika saya bisa start di posisi normal, saya bisa mencoba melakukan sesuatu dan mencoba bertarung dengan Jorge,” ungkap Rossi, mengutip dari Crash, Rabu (17/1/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini