Share

Jonas Folger Putuskan Mundur dari MotoGP 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 18 38 1846703 jonas-folger-putuskan-mundur-dari-motogp-2018-BtHFNwGIbz.jpg Jonas Folger (Foto: AFP)
A A A

MUHLDORF – Kabar mengejutkan datang dari pembalap Tim Yamaha Tech 3, Jonas Folger, yang mengumumkan kabar buruk untuk gelaran MotoGP 2018. Pembalap berpaspor Jerman itu mengatakan tidak akan melakoni balapan MotoGP pada musim ini dan memutuskan untuk mundur.

Pada November 2017, Folger telah didiagnosis mengidap penyakit Gilbert Syndrome yang harus membuatnya absen di beberapa seri balapan. Rekan dari Johann Zarco itu harus absen di empat seri balapan yang berlangsung di Jepang, Australia, Malaysia dan Valencia.

Sejatinya, Folger telah menyatakan kesiapannya untuk kembali ke MotoGP setelah memberikan pernyataan tegas pada akhir tahun lalu. Rencananya tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 28-30 Januari 2018 akan menjadi debut comeback-nya di dunia balapan MotoGP.

Baca juga Lorenzo Yakin dengan Performa Desmosedici GP18

Namun, pembalap berusia 24 tahun itu belum memiliki kesehatan yang pulih benar dan harus mengambil keputusan berat untuk melewati seluruh musim MotoGP 2018. Penyakit yang telah dideritanya sejak 2011 itu bukan tidak mungkin bisa mengancam kariernya di balapan MotoGP.

“Saya sangat sedih untuk mengatakan ini, tapi saya tidak akan melakoni balapan di MotoGP 2018. Saya tidak bisa melakukan perbaikan yang saya harapkan dan pada tahap ini saya tidak merasa bisa mengendarai mesin MotoGP secara 100%,” ungkap Folger, mengutip dari Crash, Kamis (18/1/2018).

Folger pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah mendukung kariernya selama ini terutama Yamaha Tech 3. Pasalnya tim satelit Yamaha itu memberikan kepercayaan penuh kepada dirinya pada 2017 sebagai pembalap rookie.

Baca juga Lorenzo Sambut Gembira Kehadiran Debon di Ducati

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat, terutama tim Monster Yamaha Tech 3, pabrik Yamaha Jepang, Monster Energy, HJC, IXON, Forma Boots dan Rudy Project. Saya berharap bisa kembali suatu hari nanti dan ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan kalian yang terus berlanjut,” tambahnya.

Pada 2017, Folger berhasil menempati posisi 10 klasemen akhir dengan koleksi 84 poin. Pada debutnya tersebut, Folger berhasil meraih satu podium kedua yang ia dapatkan di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini