Share

McLaren Sibuk Mencari Struktur Mobil yang Tepat untuk Mesin Renault

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 37 1847213 mclaren-sibuk-mencari-struktur-mobil-yang-tepat-untuk-mesin-renault-YHZoBjIql2.jpg McLaren 2017 (Foto:AFP)
A A A

WOKING – Meski telah beralih dengan menggunakan mesin Renault untuk menjamu Formula One (F1) musim 2018, namun produsen mesin asal Prancis tersebut masih mengijinkan McLaren untuk melakukan perbaikan secara signifikan.

Sebagaimana diketahui, struktur mesin milik Honda sangat berbeda dengan apa yang dimiliki Renault saat ini. Sama seperti milik Mercedes, Honda memiliki kompresor di bagian depan, turbin di bagian belakang dan MGU-H di bagian tengah mesin enam silindernya.

Sementara Renault memiliki struktur yang serupa dengan Ferrari yakni dengan kompersor di bagian belakangnya bersamaan dengan MGU-H dan turbin. Akibat perbedaan bentuk tersebut membuat tim asal Woking itu harus membuat pemikiran serius mengenai tata letak mesin pada mobil baru mereka.

“Arsitektur mesin miliki Renault sangat berbeda dengan apa yang dimiliki Honda. Anda memiliki dua arsitektur mesin yang mendasar di luar sana, sementara Anda memiliki pendekatan Mercedes/Honda dan akan menggunakan sistem seperti Ferrari/Renault. Intinya perbedaan tersebut turun ke tempat turbocharger berada,” cetus Tim Goss selaku direktur teknis McLaren, sebagaimana diberitakan Pitpass, Jumat (19/1/2018).

Baca Juga:

(Cekam Regulasi Mesin F1 Musim 2021, Rossi: Jangan Perlambat Verstappen)

“Mereka membutuhkan pendekatan yang sangat berbeda terhadap sasis dan gearbox yang kami miliki. Dan saat ini kami memiliki pengalaman dengan dua mesin kami. Kami melihat ada pro dan kontra terhadap dua mesin ini,” lanjutnya.

“Ada banyak hal yang saya sukai termasuk dengan pendekatan yang dilakukan Renault. Tapi ada pula hal yang membuat saya frustrasi. Namun pada akhirnya kami beruntung bahwa keputusan untuk berpindah dari satu mesin ke mesin lainnya dilakukan tepat pada waktunya. Saat ini kami harus melakukan konfigurasi ulang sasis, mengubah sistem pendingin dan mengkonfigurasi ulang gearbox agar sesuai dengan mesin Renault,” tuntasnya.

F1 musim 2018 dijadwalkan pada 25 Maret 2018 dengan Grand Prix (GP) Australia sebagai balapan pembukanya. McLaren telah menjadi salah satu tim yang dipercaya dapat bersaing dengan tim papan atas, setelah mengklaim kerjasama dengan Renault.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini