Share

Toro Rosso Kenalkan Budaya Jepang kepada Krunya untuk Perkuat Kemitraan dengan Honda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 37 1847215 toro-rosso-kenalkan-budaya-jepang-kepada-krunya-untuk-perkuat-kemitraan-dengan-honda-o0dkBzP2BS.jpg Toro Rosso (Foto:AFP)
A A A

FAENZA – Tim Formula One (F1), Toro Rosso, bertekad untuk memanfaatkan kemitraan barunya dengan Honda. Tim asal Austria tersebut membenamkan seluruh staff dan personilnya untuk mengenal budaya dan tradisi Jepang.

Bos Toro Rosso, Franz Tost, mengatakan bahwa pendekatan ini ditunjukkan dengan upaya untuk menyesuaikan pemikiran timnya dengan mentalitas yang dimiliki Honda sebagai tim Jepang. Diharapkan hal ini dapat bekerja untuk meningkatkan hubungan Toro Rosso dengan mantan pemasok mesin McLaren tersebut.

Sebagaimana diketahui Toro Rosso memang tengah menjalin kesepakatan baru dengan Renault untuk menjamu F1 musim 2018. McLaren mengakhiri hubungannya setelah tiga musim bermitra dengan tim asal Negeri Sakura tersebut.

Kemitraan tersebut rupanya tidak berjalan dengan sempurna setelah berbagai macam kerusakan mesin menghantui mereka sejak era mesin Hybrid V6 Turbo. Meski demikian, Tost mengaku kagum dengan semangat tak pantang menyerah yang terus dilakukan Honda dalam mengembangkan mesinnya.

“Kami melakukan pemahaman budaya dengan melakukan seminar, dan lokakarya di Jepang. Terbukti hal tersebut sangat dinikmati oleh para karyawan kami. Kami semua tahu bahwa Jepang memiliki budaya sendiri dan ini adalah salah satu tantangan yang benar-benar menarik untuk disinkronkan dengan budaya kami sendiri,” terang Tost, sebagaimana dilansir dari F1i, Jumat (19/1/2018).

Baca Juga:

(Cekam Regulasi Mesin F1 Musim 2021, Rossi: Jangan Perlambat Verstappen)

Ketika ditanya mengenai keputusan mengejutkannya dengan memilih Honda sebagai pemasok mesin barunya, Tost mengaku bahwa mereka masih memiliki cukup waktu untuk mengintegrasikan mesin yang berbeda untuk menjamu musim 2018.

“Sebenarnya keputusan seperti ini jarang terjadi. Namun izinkan saya mengingatkan Anda bahwa perubahan penggunaan mesin Ferrari dua musim lalu baru diputuskan pada Desember. Namun kami berhasil melakukannya pada yang yang tepat. Penggunaan transmisi yang mereka buat sendiri telah menyederhanakan prosesnya,” tuntasnya.

Tost percaya bahwa kegemarannya terhadap Honda akan membantu tim junior Red Bull tersebut untuk mencari sponsor baru. Meski demikian, ia menegaskan bahwa struktur dasar yang dimiliki akan tetap sama dan tidak aka nada perubahan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini