Share

Fajar/Rian Rebut Gelar Juara Malaysia Masters 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 21 Januari 2018 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 21 40 1848141 fajar-rian-rebut-gelar-juara-malaysia-masters-2018-Y5auPEQAAd.jpg Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (Foto: Laman resmi BWF)
A A A

KUALA LUMPUR – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, sukses merebut gelar juara Malaysia Masters 2018 usai di partai puncak menumbangkan pasangan tuan rumah, Goh V Shem dan Tan Wee Kiong. Untuk bisa menjadi juara, Fajar/Rian harus melakoni drama tiga game sebelum pada akhirnya menang dengan skor 14-21, 24-22, dan 21-13.

Pada game pertama, Fajar/Rian sudah harus kehilangan poin lebih dahulu dan tertinggal dengan skor 0-2. Meski sempat menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan terus bersaing sengit hingga kondisi 8-8, namun selepas itu pasangan Indonesia justru jauh tertinggal. Selepas ketinggalan 8-14, Fajar/Rian pun harus mengakui keunggulan Goh/Tan di game pertama dengan skor 21-14.

(Baca juga: Fajar/Rian Siap Habis-habisan di Final Malaysia Masters 2018)

Memasuki game kedua, Fajar/Rian sebenarnya mengawali laga dengan buruk. Pasalnya, pasangan Indonesia itu tertinggal jauh 0-6. Namun begitu, lantaran usaha tak kenal lelah, sedikit demi sedikit pasangan Indonesia mulai mampu mengejar perolehan poin Goh/Tan dan membuat keadaan seimbang 18-18. Poin tersebut nyatanya menjadi titik balik bagi Fajar/Rian dan menutup game kedua dengan kemenangan 24-22.

Pada game pamungkas, Fajar/Rian tampil lebih percaya diri dan sudah menekan sejak awal laga. Selepas memiliki keunggulan 6-4 atas Goh/Tan, pasangan Indonesia itu terus tancap gas mengumpulkan pundi-pundi poin yang tak dapat dikejar pasangan Malaysia. Hasilnya, Fajar/Rian pun memenangkan game ketiga dengan skor cukup jauh 21-13.

Kemenangan tersebut tentunya menjadi sangat berkesan bagi Fajar/Rian karena ini pertama kalinya bagi mereka memenangkan kejuaraan level empat BWF (setara superseries). Lebih spesial lagi, karena dalam kejuaraan Malaysia Masters 2018 ini Fajar/Rian menumbangkan lawan-lawan tangguh, yang notabenenya merupakan pebulu tangkis papan atas dunia.

Sebut saja nama pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, yang menduduki peringkat lima dunia saat ini, namun dikandaskan Fajar/Rian di babak perempatfinal. Lalu terdapat juga peringkat enam dunia, Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding, yang ditumbangkan Fajar/Rian pada babak semifinal.

Juaranya Fajar/Rian di Malaysia Masters 2018 juga menyelamatkan wajah Indonesia. Pasalnya, pasangan berperingkat 16 dunia itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia di partai final Malaysia Masters 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini