Share

Luthi: Saya Masih Harus Banyak Belajar di MotoGP

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 02:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 18 38 1861202 luthi-saya-masih-harus-banyak-belajar-di-motogp-wYQ9HM1bpD.jpg Thomas Luthi (Foto: AFP)
A A A

BURIRAM – Pembalap Tim Marc VDS, Thomas Luthi, mengaku masih harus banyak belajar sebelum menjalani musim resmi di MotoGP 2018. Hal itu ia sampaikan usai menjalani tes pramusim hari terakhir yang berlangsung di Sirkuit Chang, Buriram, Thailand pada Minggu 18 Februari 2018 sore WIB.

Pada tes pramusim tersebut, Luthi sejatinya sudah menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Hanya saja, hal tersebut masih kurang untuk bisa berkompetitif di kelas MotoGP. Pada hari terakhir, pembalap berpaspor Swiss itu mencatatkan waktu terbaiknya selama tiga hari tes.

Luthi berhasil meraih waktu tercepatnya yakni 1 menit 31,354 detik. Tetapi raihannya itu masih belum mampu menembus posisi 20 besar dari hasil keseluruhan tes. Pembalap berstatus rookie itu harus puas menempati posisi 21 dengan raihan waktu pada hari ketiga.

Baca juga Cerita Marquez pada Hari Ulang Tahunnya di Buriram

Hasil itu pula yang membuat Luthi menyadari bahwa tugasnya tampil di MotoGP masih butuh perjuangan yang keras. Ia mengakui bahwa kesabaran menjadi hal yang penting dalam hal ini. Apalagi ketika melihat pembalap lain tampil lebih cepat, sering membuat tertekan.   

“Ini adalah kenyataan bahwa saya masih harus banyak belajar di sini. Tapi bagi setiap pembalap, sulit untuk mengumpulkan kesabaran yang diperlukan. Saya seperti pembalap lainnya juga. Anda datang ke pit dan melihat waktu putaran lawan-lawannya, itu normal,” ungkap Luthi, mengutip dari Speedweek, Senin (19/2/2018).

Namun begitu, pembalap berusia 32 tahun sangat bersyukur kala memiliki tim yang selalu mendukungnya dengan penuh kesabaran. Luthi mengakui sering mendapatkan saran untuk selalu menenangkan diri agar bisa meraih hasil positif pada momen berikutnya.

Baca juga Zarco Sudah Capai Target di Hari Ketiga Tes Pramusim MotoGP Thailand 2018

“Tapi kemudian saya harus memaksa diri untuk beristirahat. Itu sangat membantu saya dengan membawa kepala kru saya Gilles Bigot. Mereka selalu menenangkan saya dan berkata ‘luangkan waktumu, santai saja’. Itu bukan hanya berguna di pagi hari saja, tapi saat kami mengalami situasi stagnan sementara waktu,” lanjutnya.

Pada musim ini, Luthi tidak sendiri datang sebagai pembalap dengan status rookie. Bahkan rekan satu timnya yakni Franco Morbidelli pun memiliki status yang sama. Begitu pun dengan pembalap Honda lainnya yakni Takaaki Nakagami dari LCR Honda. Ada pula Xavier Simeon dari Tim Avintia Racing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini