Share

Sumbar Serius Jadi Tuan Rumah PON 2024

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 18 Februari 2018 05:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 18 43 1860987 sumbar-serius-jadi-tuan-rumah-pon-2024-qMvCRSYArA.jpg (Foto: ANTARA)
A A A

PADANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Barat menyatakan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan event empat tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024.

"Kami secara bertahap membenahi infrastruktur, penguatan organisasi olahraga dan sinergi dengan pemerintahd daerah," kata Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful di Padang, Sabtu.

Dalam hal infrastruktur beberapa sarana sedang dibangun seperti GOR di Padang Pariaman, dan beberapa stadion di Tanah Datar, Dharmasraya, Sawahlunto, Payakumbuh.

Di Padang sebagai rencana pusat kegiatan telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat terkait pembangunan gelanggang olahraga dan fasilitas lainnya.

Seperti di daerah lain pihaknya juga akan memaksimalkan penggunaan gelanggang dengan bekerja sama dengan instansi seperti dengan Universitas Negeri Padang yang dinilai memiliki sarana representatif. Bahkan pada gelaran Kejurnas Junior beberapa cabang pada 2017 dihelat di GOR UNP.

"Untuk penguatan organisasi olahraga, kami harapkan harmonisasi antara pengurus cabang baik provinsi maupun kabupaten dan kota," ujar dia.

Dia menargetkan gelaran Pekan Olahraga Provinsi tahun ini dapat menjadi jalan perekat kebersamaan tersebut.

Sedangkan terkait sinergi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten serta kota, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman untuk menyiapkan infrastruktur dan pengembangan olahraga di masing-masing daerah.

Salah satunya adanya perjanjian dan pembagian posko pengembangan olahraga berdasarkan cabang olahraga yang ada.

Misalnya senam di Padang, pencak silat di Agam atau paralayang dan gantole di Pesisir Selatan. Di samping itu, pihaknya juga memperkuat sumber daya atlet dan mengejar prestasi, agar bila jadi ditunjuk kontingen Sumbar tetap dapat bersaing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini