Share

Elektronik Masih Jadi Kendala Utama Yamaha Jelang Dimulainya MotoGP 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 04:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 20 38 1861845 elektronik-masih-jadi-kendala-utama-yamaha-jelang-dimulainya-motogp-2018-dnBhnwnL7A.jpg Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)
A A A

BURIRAM – Gelaran kejuaraan MotoGP 2018 sebentar lagi akan segera dihelat. Uji coba pramusim pun kini hanya tinggal menyisakan satu kali lagi, yakni di Sirkuit Losail, Qatar, pada 1-3 Maret 2018. Kendati begitu, Tim Yamaha nyatanya hingga kini masih sibuk berkutat dengan perangkat elektronik yang bakal mereka gunakan.

Pada saat melakoni sesi uji coba pramusim di Sirkuit Buriram, Thailand, pada16-18 Februari 2018, dua pembalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, tidak bisa dikatakan telah mendapat hasil yang memuaskan. Pasalnya, kedua pembalap tersebut lebih banyak tercecer di papan tengah.

(Baca juga: Rossi Ingin Perbaiki Penampilannya di Tes Pramusim Qatar)

Waktu terbaik yang bisa dihasilkan Rossi dalam uji coba di Buriram adalah 1 menit 30,511 detik, yang mana diciptakannya pada hari ketiga uji coba. Namun, catatan waktu tersebut hanya bisa menempatkan Rossi di urutan ke-10. Sementara Vinales menorehkan waktu 1 menit 30,590 detik, yang kemudian menempatkannya di posisi ke-12.

Hasil tersebut tentunya bukan sesuatu yang membahagiakan mengingat di musim ini Yamaha mengincar gelar juara. Menanggapi kesulitan yang dihadapi Yamaha, manajer tim mereka, Massimo Meregalli, menjelaskan bahwa kendala utamanya hingga saat ini masih berkutat pada perangkat elektronik. Menurutnya, Yamaha masih belum bisa memaksimalkan potensi elektronik yang digunakannya.

“Kami bekerja untuk memperbaiki elektronik. Namun, setiap kali kami mencoba sesuatu yang berbeda, itu terlihat seperti kami terus memiliki ruang untuk diperbaiki. Pastinya kami berusaha keras memperbaiki hal ini. Sebagaimana yang bisa Anda bayangkan, kami benar-benar mencoba dan bekerja sebanyak yang kami bisa,” jelas Meregalli, menyadur dari laman resmi MotoGP, Selasa (20/2/2018).

Sementara itu, Rossi pun menerangkan kalau uji coba di Buriram memiliki kesulitan yang luar biasa. Menurutnya pada uji coba tes pramusim tahun ini, Yamaha tak memiliki banyak peningkatan. Rossi menilai kalau Yamaha masih memiliki kendala yang sama dengan tahun lalu, yakni di bagian perangkat elektronik.

“Ini uji coba yang sulit, kami kesulitan dan kami harus memperbaikinya karena kami tidak banyak berkembang dibandingkan dengan tahun lalu. Utamanya dengan perangkat elektronik. Jadi saya kira kami memiliki banyak pekerjaan untuk dilakukan,” ujar pembalap berjuluk The Doctor itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini