Share

Arena Boling Asian Games 2018 di Palembang Segera Diresmikan dalam Waktu Dekat

ant, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 23:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 21 43 1862809 arena-boling-asian-games-2018-di-palembang-segera-diresmikan-dalam-waktu-dekat-xnTEev3Io4.jpg Ilustrasi (Foto:Ist )
A A A

PALEMBANG - Arena boling Asian Games XVIII di Palembang segera diresmikan karena sudah menuntaskan seluruh pembangunan fisik dan peinstalasian peralatan dan perlengkapan.

Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumatra Selatan Yudho Joko Prasetyo di Palembang, Rabu, mengatakan, bangunan maupun halaman depan (landskap) arena juga sudah selesai 100 persen.

"Peralatan pun sudah diinstal termasuk instalasi listrik sudah terpasang," kata dia.

Hanya saja, ia melanjutkan, ada beberapa bagian di sekitar bangunan yang masih perlu dipercantik seperti halaman parkir disertai taman dan sebagainya, termasuk akses sekitar jalan utama disekitar venue yang belum dikerjakan.

Untuk pekerjaan ini masih menunggu pagu anggaran Rp4,6 miliar yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

"Kami mulai pengerjaan akhir Maret ini. Intinya sebelum Asian Games dimulai, venue sudah cantik sekali. Semuanya dipastikan akan tertata rapi," kata dia.

Ia mengatakan, venue bowling ini diklaim menjadi venue yang terbaik di Asia Tenggara. Bukan hanya karena bangunannya yang megah dan besar, melainkan di dalamnya terpasang 40 line, biasanya dalam satu bangunan hanya ada 24-30 line saja.

Yudho menuturkan, saat ini venue boling hanya menunggu waktu peresmian saja.

Pemerintah daerah masih menunggu jadwal dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang direncanakan bakal melakukan itu.

"Kami sedang koordinasikan itu," kata dia.

Terkait dengan sertifikasi dan sanction sudah dilaksanakan oleh pihak ABF dan AMF atau ABS beberapa waktu lalu. Artinya, uji standardisasi pemasangan peralatan dan standardisasi pertandingan sudah dilakukan.

Baca Juga:

(KONI Sumut Sayangkan Pencoretan Srunita dari Pelatnas Asian Games 2018)

"Hanya saja untuk serah terima bangunan akan dilaksanakan sekaligus dengan peresmian. Ini yang jadwalnya belum final," kata dia.

Koordinator Venue Asian Games Aminuddin mengatakan peresmian venue bowling itu bakal dilakukan dalam waktu dekat. "Direncanakan sekitar tanggal 5 atau 6 maret oleh Menpora RI," kata dia.

Venue boling dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare yang merupakan bantuan dana CSR dari Sinar Mas Group sebesar Rp25 miliar dan peralatan didalamnya dibantu Pertamina senilai Rp42 miliar. Bangunan venue boling sendiri memiliki luas bangunan boling sekitar 3.600 meter persegi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini