Share

Roger Federer Sadari Dirinya Sudah Sangat Tua

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 03:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 40 1863427 roger-federer-sadari-dirinya-sudah-sangat-tua-BuMwo2j9ku.jpg Roger Federer (AFP)
A A A

ROTTERDAM – Kebahagiaan tengah dirasa petenis berkebangsaan Swiss, Roger Federer, lantaran pada akhir pekan lalu sukses menempati posisi petenis nomor satu dunia lagi. Namun, di saat yang bersamaan, Federer juga merasa bersedih karena menyadari usianya yang diakuinya sudah sangat tua.

Saat ini Federer telah menginjak usia 36 tahun. Bila melihat dari segi umur manusia pada umumnya, Federer tentunya belum terlalu tua. Namun, apabila mengacu pada pekerjaannya sebagai atlet profesional, 36 tahun tentunya usia yang tidak muda lagi untuk bertarung, karena kondisi fisik pun sudah mulai melemah dan tidak sebugar saat masih di usia 20-an.

(Baca juga: Federer Beberkan Pertandingan Favorit yang Pernah Dilakoninya)

Bahkan, selepas dinobatkan sebagai peringkat satu dunia lagi, Federer juga dinobatkan sebagai petenis tertua yang menempati posisi nomor satu dunia. Hal tersebut sontak mengingatkan Federer bahwa dirinya telah berkecimpung di kejuaraan tenis dunia sejak dua dekade silam.

Pertandingan pertama Federer sebagai seorang petenis profesional terjadi pada 1998 dalam kejuaraan Rado Open, di mana dirinya kalah pada ronde pertama oleh petenis Argentina, Lucas Arnol Kerr. Federer baru mendapatkan trofi pertamanya di nomor tunggal pada 2001 dalam kejuaraan Milan Indoor.

Sementara itu, gelar juara grand slam pertama Federer didapatnya di ajang Wimbledon pada 2003 setelah mengalahkan petenis Australia, Mark Philippoussis di partai final. Sedangkan pertama kalinya Federer menempati posisi nomor satu petenis dunia adalah pada Februari 2004.

Saat ini, para petenis lainnya yang menduduki posisi 10 besar pada tangga tenis dunia Februari 2004 tersebut telah pensiun semua. Bahkan dari jajaran 50 besar saja hanya tersisa sekitar empat orang, termasuk di antaranya Federer.

“Ini memberi tahu saya bahwa saya tua, sangat tua. Saya melihat daftar 50 besar dan hanya terdapat empat orang dari kami yang saat ini masih bermain. Tiga di antaranya adalah orang Spanyol, ini menarik. Ini terjadi begitu saja. Apa yang Anda inginkan untuk saya katakan? Saya berharap mereka akan tetap bermain,” ucap Federer, menyadur dari IBTimes, Jumat (23/2/2018).

“Banyak dari mereka adalah teman-teman saya. Dan terdapat orang-orang yang saya perhatikan dan kagumi. Saya merindukan orang-orang di masa tersebut,” pungkas peraih gelar juara grand slam 20 kali itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini