Share

Karate Indonesia Bakal Jalani Uji Coba Jelang Asian Games 2018

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 01:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 43 1862928 karate-indonesia-bakal-jalani-uji-coba-jelang-asian-games-2018-O8HZXTmBjO.jpg Karate Indonesia akan jalani uji coba ke luar negeri jelang Asian Games 2018 (Foto: ANTARA)
A A A

JAKARTA – Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) mengagendakan dua kejuaraan uji coba Asian Games 2018 di Eropa pada Juni. Tim Karate Merah Putih bakal menggelar latihan dan tes di Prancis dan Italia.

"Kami sedang mempertimbangkan Prancis dan Italia sebagai lokasi uji coba karena dua negara itu kuat dalam karate. Kami tidak ingin uji coba di Asia karena banyak negara-negara yang akan ikut untuk Asian Games," kata Sekretaris Jenderal Forki Lumban Sianipar di Jakarta.

PB Forki, menurut Lumban, juga masih mempertimbangkan untuk menggelar pemusatan pelatihan atlet-atlet nasional di Eropa pada Juni setelah mengikuti uji coba Asian Games.

"Kami mempunyai 29 atlet nasional yang berlatih di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat dengan tujuh pelatih. Kami juga sedang mengusulkan keterlibatan pelatih asing di Ciloto," ujarnya.

PB Forki akan menyeleksi 29 atlet pelatnas hingga menghasilkan delapan atlet utama yang akan mengikuti kejuaraan uji coba dan pelatihan luar negeri jelang Asian Games.

"Kami akan menyeleksi dua kali untuk menjadi delapan atlet. Rencana seleksi pada minggu pertama Maret serta pertengahan Mei sebelum Kejuaraan Federasi Karate-Do Asia," tutur Lumban.

Baca juga: KONI Bali dan NTB Minta Dukungan Jadi Tuan Rumah PON 2024

Seleksi atlet-atlet utama Asian Games itu, lanjut Lumban, akan berlangsung di lokasi pelatnas Forki di Ciloto.

"Kami masih memakai 60 perlatan latihan yang lama, tapi kami akan kembali mengajukan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga jika ada kekurangan," katanya.

Lumban mengatakan pengurus induk cabang olahraga karate itu mendapatkan anggaran Rp11 miliar dari Kemenpora. Tapi, anggaran yang telah cair sebesar 70 persen.

PB Forki membidik satu medali emas dari 18 nomor pertandingan dalam Asian Games 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini