Share

Aprilia Lakukan Pengujian Terowongan Angin Baru Menjelang Gelaran MotoGP 2018

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 26 38 1864662 aprilia-lakukan-pengujian-terowongan-angin-baru-menjelang-gelaran-motogp-2018-cSnoSlzpJd.jpg Aleix Espargaro (Foto:AFP)
A A A

BURIRAM – Setelah melakoni tes pramusim MotoGP di Thailand, pembalap Aprilia, Aleix Espargario dan Scott Redding kabarnya tengah menghabiskan satu hari pengujian di Universitas Perugia untuk mencoba terowongan angin baru mereka.

Percobaan terowongan angin aprilia bersamaan dengan tes CFD dan tes diatas lintasan. Kabranya tes tersebut akan menjadi dasar evolusi yang akan datang untuk RS-GP 2018. Mereka berencana untuk membangun sebuah fairing baru yang lebih beraerodinamika.

“Penelitian aerodinamika kini telah menjadi bagian integral dalam pengembangan MotoGP modern. Tidak hanya dalam hal winglet yang menjadi bentuk paling terlihat. Tapi karena di lapangan bemain yang sangat rata, setiap detail kecil menjadi faktor penentu,” terang Romano Albesiano selaku manajer Valentino Rossi, melansir dari Crash, Senin (26/2/2018).

“Aleix dan Scott memiliki karakteristik fisik yang sangat berbeda sehingga memerlukan penyempurnaan aerodinamis yang beragam untuk mengoptimalkan efisiensi. Tes pada terowongan angin hanyalah bagian dari studi aerodinamika, yang juga terdiri dari simulasi komputer dan pemeriksaan yang dilakukan secara langsung di atas lintasan,” lanjutnya.

“Kami akan membawa paket aerodinamika versi pertama untuk RS-GP 2018 ke Qatar, sedangkan evolusi kedua akan direncanakan begitu musim ini sedang berlangsung,” sambungnya.

Aprilia meluncurkan suatu perangkat yang dianggap sebagai sebuah fairing berwinglet terbarunya pada awal tahun lalu. Setelah itu Aprilia mengubah desain fairingnya seperti bentuk kotak yang dimiliki Ducati yang terus digunakannya dalam pengujian musim dingin.

Baca Juga:

(Crutchlow Sebut Ada Peluang Pembalap Berpindah Tim di MotoGP 2019)

Sementara lima tim pabrikan lainnya sudah mencoba setidaknya satu fairing baru pada musim 2018. Walaupun desain yang mereka ciptakan masih harus dilihat dan diidentifikasi sebelum dimulainya kompetisi.

Pengumuman terlambat mengenai fairing baru Aprilia membuat mereka memiliki keuntungan untuk melihat evolusi yang direncanakan oleh tim lain di mana fairing milik Yamaha berada dalam arah yang baru. Masih belum diketahui, apakah Aprilia akan meniru bentuk fairing yang dimiliki oleh Yamaha pada MotoGP musim 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini