Share

Ferrari Gaet 'Orang Dalam' FIA sebagai Direktur Eksekutif

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 15 37 1873079 ferrari-gaet-orang-dalam-fia-sebagai-direktur-eksekutif-hGC3CFhAEu.jpg Laurent Mekies (Foto: Espn)
A A A

MARANELLO – Scuderia Ferrari telah berhasil menarik deputi keselamatan FIA sekaligus wakil direktur balap, Laurent Mekies dari badan pemerintahan Formula One (F1). Kabarnya tim yang berbasis di Maranello tersebut ingin mendapatkan informasi-informasi rahasia yang akan dibawa ke dalam tim.

Kurang dari enam bulan lalu, Renault juga telah menyegel kesepakatan kontrak dengan kepala teknis FIA, Marcin Budkowski. Tim asal Prancis tersebut mengangkat Budkowski menjadi direktur eksekutif untuk tim. Alhasil penandatanganan tersebut mendapatkan kecaman di antara tim saingan.

Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan langkah Ferrari untuk menggandeng Mekies untuk bergabung dengan tim pada Rabu 14 Maret 2018. Kabarnya ia akan mendapatkan peranan di bagian teknis yang masih belum ditentukan hingga saat ini.

Mekies akan melapor kepada direktur teknis Ferrari, Mattia Binotto saat ia bergabung dengan tim pada September 2018. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan FIA, badan pemerintahan tersebut mengatakan bahwa Mekies akan turun dari tanggung jawabnya di F1 dan akan terus memenuhi peran keselamatan saat dia mengetahui periode pengunduran dirinya selama tiga bulan.

“Sampai keberangkatannya dari FIA pada akhir Juni, Mekies akan terus bertindak sebagai direktur keselamatan di F1. Namun, dia akan segera menghentikan semua tugas F1 dan tidak akan lagi terlibat dalam masalah F1. Ia akan turun dari perannya sebagai wakil direktur balapan F1 dengan segera,” tutur juru bicara FIA, melansir dari Motorsport, Kamis (15/3/2018).

Baca Juga:

(Honda Kemungkinan Akan Pasok Mesin untuk Red Bull Musim 2019)

Mekies bergabung dengan FIA pada Oktober 2014 sebagai direktur keselamatan. Sejak saat itu ia menangani masalah keselamatan di semua kerjuaraan serta menjadi bagian dari penelitian dan pengembangan dalam kegiatan homologasi.

Pada awal 2017 ia ditunjuk sebagai wakil direktur balap F1 dan telah dipandang sebagai pengganti potensial dari direktur balap F1 saat ini yakni Charlie Whiting. Tidak diketahui bagaimana cara tim untuk mendapatkan tanda tangan Mekies. Yang jelas kedatangan Budkowski menuju Renault pada Oktober 2017 telah menimbulkan kegelisahan besar di antara tim hingga mereka menahan kedatangan sang direktur menuju Enstone sampai April 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini