Share

Bos Mercedes Peringatkan F1 Tak Bermain-main dengan Ferrari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 02:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 37 1874024 bos-mercedes-peringatkan-f1-tak-bermain-main-dengan-ferrari-cWwUfTMuFO.jpg Toto Wolff (Foto:AFP)
A A A

BRACKLEY – Bos Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, berpendapat bahwa Presiden Federasi Internasional Automotive (FIA), Jean Todt, tidak seharusnya memprovokasi Presiden Ferrari, Sergio Marchionne terkait regulasi mesin Formula One (F1) musim 2021.

Sebelumnya FIA dan F1 Liberty Media mengungkapkan peraturan mesin yang diusulkan untuk musim 2021. Mereka merancang mesin yang memiliki suara lebih nyaring dan mengurangi kompleksitas serta mesin yang lebih ramah biaya.

FIA memang mendapatkan kritik besar-besaran dari beberapa tim papan atas F1. Bahkan, Ferrari telah beberapa kali mengeluarkan ancaman untuk keluar dari olahraga jika regulasi mesin untuk musim 2021 tetap diberlakukan.

Marchionne telah memperingatkan bahwa ancaman tersebut harus dianggap serius dan bukanlah sebuah gertakan sambal biasa. Meski demikian, Todt, tetap bersikukuh untuk menghadapi kritik atas perubahan yang diinginkan FIA dalam olahraga. Ia yakin sebuah kesepakatan akan tercapai pada waktunya.

tim yang berbasis di Maranello tersebut memang telah mendapatkan perlakuan khusus sejak 1980 –an saat masih dipimpin oleh sang pendiri, Enzo Ferrari. Todt percaya saat ini waktu telah berubah dan sangat tidak realistis bagi tim asal Italia tersebut untuk mempertahankan hak veto mereka dalam olahraga.

Keputusan Ferrari untuk menentang regulasi F1 bukan hanya kali ini dilakukan. Mereka sempat menggunakan hak veto mereka untuk memblokir rencana FIA dalam memperkenalkan harga maksimum untuk mesin dan gearbox pada musim 2015.

Mendengar perdebatan yang semakin hangat diperbincangkan tersebut, Wolff menilai ancaman yang dilontarkan Marchionne harus ditanggapi dengan serius. Wolff yakin bahwa F1 membutuhkan Ferrari, begitu pula sebaliknya, pasalnya tim asal Maranello tersebut memiliki banyak penggemar dalam olahraga.

Baca Juga:

(Presiden FIA Persilahkan Ferrari Tinggalkan F1 Musim 2021)

“Jangan memprovokasi Sergio Marchionne. Saya pikir F1 membutuhkan Ferrari lebih daripada Ferrari membutuhkan F1. Mereka memiliki pemahaman dan visi tentang apa yang dimaksud DNA dalam F1 yang dibutuhkan untuk mewakili Ferrari. Oleh sebab itu, mereka dianggap orang yang tidak masuk akal,” terang Wolff, melansir dari The Checkered Flag, Sabtu (17/3/2018).

“Jika Marchione tidak melihat nilai dalam mereknya, ia akan melakukan ancamannya satu kali. Ini tentu sangat mudah. Jadi menurut saya Todt jangan bermain-main dengan Ferrari,” tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini