Share

Grosjean Berharap Perkembangan Halo Jadi Fokus Utama F1 dalam Olahraga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 37 1874029 grosjean-berharap-perkembangan-halo-jadi-fokus-utama-f1-dalam-olahraga-mfRtLEe5wY.jpg Romain Grosjean (Foto:AFP)
A A A

CALIFORNIA – Pembalap Haas, Romain Grosjean, berharap bahwa pelindung kokpit terbaru milik Formula One (F1), Halo, bisa menjadi fokus utama dalam olahraga. Ia berharap agar F1 bisa menemukan solusi yang lebih baik untuk meningkaykan keamanan dalam olahraga.

Sebelumnya, Grosjean menjadi salah satu pembalap yang mendukung adanya sistem perlindungan kokpit yang dicanangkan F1 untuk menjamu musim 2018. Ia mengaku tetap membela keputusan olahraga mengenai Halo meski banyak pihak yang menentang karena teknologi tersebut mengurangi estetika dan daya tarik mobil balap.

Salah satu pembalap yang tidak menyukai Halo adalah pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. Ia mengaku mobilnya akan tampak sangat jelek dengan adanya Halo yang menempel di bagian kokpit. Selain itu banyak pendapat mengatakan bahwa Halo akan menyebabkan pembalap kesulitan untuk keluar dari mobil jika mengalami kecelakaan.

Meski mendapatkan banyak pertentangan, namun Grosjean telah mendesak F1 dan Federasi Internasional Automotive (FIA) untuk melanjutkan pengembangannya pada perangkat perlindungan tersebut. Namun, pembalap berkebangsaan Swiss tersebut berharap jika Halo harus terus dikembangkan untuk meningkatkan visibilitas para pembalap dan juga para penggemar.

“Saya harap Halo adalah fase transisi dan kami akan menemukan sesuatu yang lebih baik. Jelas ini adalah tahap pertama. Anda bisa terbiasa mengemudi dengan Halo, ini bagus, tapi ada satu hal yang tidak saya khawatirkan, namun saya merasa sedih karenanya. Pasalnya saat ini para pembalap sudah tidak terlihat lagi saat berada di dalam mobil,” tutur Grosjean, menyadur dari Crash, Sabtu (17/3/2018).

Baca Juga:

(Presiden FIA Persilahkan Ferrari Tinggalkan F1 Musim 2021)

“Di penghujung hari akan terlihat pembalap di dalam mobil dan kami punya satu helm livery per tahun yang diperbolehkan dan kami bahkan tidak melihat warna helmnya. Jadi saya pikir yang berbeda akan lebih baik. Tapi sekali lagi, keamanan harus datang dan cukup bagus untuk memakai mobil,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, F1 musim 2018 akan segera dimulai pada 25 Maret 2018 dengan Grand Pricx (GP) Australia sebagai balapan pembukannya. Balapan tersebut, menjadi balap pertama F1 dengan menggunakan perangkat Halo di bagian kokpitnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini