Share

Jarvis Beberkan Alasan Tech 3 Hengkang dari Yamaha

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 38 1873811 jarvis-beberkan-alasan-tech-3-hengkang-dari-yamaha-f2Ny2JjdSu.jpg Tim Yamaha Tech 3 (Foto: AFP)
A A A

DOHA – Bos Tim Movistar Yamaha, Lin Jarvis, mengungkapkan alasan Tech 3 yang memutuskan hengkang dari tim pabrikan asal Jepang itu. Menurutnya alasan kepergian tim satelitnya itu karena persoalan finansial.

Meski belum secara pasti tentang kebenaran alasan tersebut, tapi Jarvis menduga tawaran dari tim lain yang fantastis menjadi alasannya. Maka dari itu, tim yang dipimpin Herve Poncharal tersebut memutuskan hengkang dan hijrah ke tim anyar MotoGP yakni KTM.

Jarvis tidak menilai bahwa alasan Tech 3 menolak memperpanjang kontrak bersama Yamaha karena masalah di antara kedua tim. Ia jelas menolak jika publik beranggapan bahwa Yamaha tidak memberikan kontribusi yang baik kepada Tech 3 sebagai tim satelit mereka.

Baca juga Begini Prediksi Agostini mengenai Kiprah Dovizioso dan Marquez di MotoGP 2018

“Saya tidak percaya Herve (Poncharal) pergi jika karena dia tidak merasakan dukungan dari Yamaha. Saya pikir Herve pergi karena ia memiliki tawaran fantastis dari pesaing yang benar-benar membutuhkan tim satelit. Tawaran itu mungkin melibatkan banyak hal dalam performa motor, keuangan dan stabilitas,” ungkap Jarvis, mengutip dari Crash, Jumat (16/3/2018).

“Saya pikir Anda harus melihat gambaran yang lebih besar dan tidak mengatakan bahwa Herve pergi hanya karena dia tidak mendapatkan dukungan dari Yamaha,” tambahnya.

Namun Jarvis tidak menyangkal bahwa mereka memang tidak memberikan motor pabrikan kepada pembalap utamanya yakni Johann Zarco karena masalah kontrak. Sebab Yamaha sangat menghargai kontrak yang berlaku, di mana Yamaha tidak akan menyediakan motor pabrikan ke Tech 3.

Baca juga Agosini Umbar Kunci Sukses Sesungguhnya untuk Menjadi Juara MotoGP

“Memang benar kami belum menyediakan motor pabrikan ke Johann, tapi kami selalu menghormati kebijakan dan kontrak kami, dan kontrak kami dengan Herve tidak menyediakan motor pabrikan,” lanjutnya.

Sejauh ini prestasi yang dimiliki Tech 3 bersama tidak pernah buruk. Prestasi terbaik yang pernah mereka rengkuh adalah pada 2012 dan 2013 yang sukses menempati posisi ketiga. Sementara pada musim lalu, Tech berhasil menduduki posisi empat melalui dua pembalapnya yakni Zarco dan Jonas Folger.

Sementara posisi terburuk yang pernah diraih Tech 3 selama bersama Yamaha adalah peringkat kesembilan. Hal tersebut hanya diraih sekali pada 2006.  

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini