Share

INASGOC Tinjau Sarana Penunjang Siaran Langsung Asian Games 2018

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 43 1873512 inasgoc-tinjau-sarana-penunjang-siaran-langsung-asian-games-2018-itjYv6Hgpo.jpg Logo Asian Games (Foto: situs resmi Asian Games 2018)
A A A

JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mengantisipasi sarana penunjang siaran langsung pertandingan langsung 43 cabang olahraga Asian Games pada Juli 2018 di Jakarta, Palembang, dan sejumlah lokasi di Jawa Barat.

"Kami harus menyediakan minimal dua kabin untuk produksi siaran langsung televisi pada setiap arena pertandingan karena sejumlah cabang olahraga punya banyak nomor pertandingan seperti atletik," kata Direktur Penyiaran INASGOC Linda Wahyudi di Jakarta, Kamis.

Kabin produksi siaran langsung televisi itu, menurut Linda, diperlukan sebagai sarana penunjang penyiaran dibanding sarana siaran langsung dengan OB Van atau mobil SNG.

Linda mengatakan setiap kabin produksi televisi dapat menampung produksi siaran dari lima hingga 10 kamera. Sedangkan cabang-cabang olahraga dengan jumlah pertandingan yang banyak seperti atletik membutuhkan hingga 20 kamera untuk produksi siaran televisi.

"Kami juga menyiapkan sejumlah kabin pada perlombaan balap sepeda disiplin track yang berlokasi di Velodrome Rawamangun dan disiplin road race. Untuk displin down hill dan BMX, kami hanya akan menyediakan mobil SNG," kata Linda.

Produksi siaran langsung televisi Asian Games yang membutuhkan banyak dukungan peralatan dan sarana, menurut Linda, adalah perlombaan lari maraton putra dan maraton putri.

"Kami akan menggunakan sejumlah kamera termasuk kamera pada helikopter dan kamera yang menempel pada sepeda motor untuk perlombaan maraton selama dua hari," kata Linda.

Departemen Penyiaran INASGOC akan mulai membangun membangun pusat penyiaran Asian Games (IBC) di Jakarta Convention Center, Senayan, pada 4 Juni sebagai persiapan bagi stasiun-stasiun televisi pemegang hak siaran untuk menyusun studio mereka.

"Jika melihat daftar permintaan ruangan dari stasiun-stasiun televisi luar negeri yang mempunyai hak siaran, kami melihat kecenderungan kekurangan ruangan di JCC. Tapi, kami akan melihat itu setelah membangun IBC," kata Linda.

Para pekerja dari stasiun-stasiun televisi pemegang hak siaran Asian Games, lanjut Linda, akan mulai bekerja menyusun peralatan mereka di IBC pada 1 Agustus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini