Share

Pebalap Sepeda Elga Berjuang Lawan Cedera demi Emas Asian Games 2018

ant, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 43 1873823 pebalap-sepeda-elga-berjuang-lawan-cedera-demi-emas-asian-games-2018-3lD3ufkuKD.jpg Elga Kharisma (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Pembalap andalan Indonesia, Elga Kharisma Novanda terus berjuang melawan cedera yang diderita demi meraih pretasi terbaik pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, mengingat pelaksanaan kejuaraan empat tahunan itu tinggal lima bulan.

"Sejak sebulan terakhir saya menjalani perawatan di Jakarta. Perkembangan cukup bagus. Saya juga sudah mulai latihan meski baru 60-70 persen," kata Elga di sela penandatangan kerja sama antara PB ISSI dengan perusahaan olahraga asal Italia, SH+ di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Elga selama ini mengalami cedera pinggang yang dia dapat pada persiapan menghadapi kejuaraan Asia Cycling Championship (ACC) Malaysia awal tahun ini. Saat itu pebalap asal Malang itu memasuki persiapan tahap akhir. Karena mengalami cedera, Elga urung tampil di kejuaraan tersebut.

Baca juga INASGOC Janji Bakal Selesaikan Desain Tenda di Asian Games 2018

Tidak ingin pembalap andalan yang rencananya bakal turun dua nomor pada Asian Games 2018 yaitu track dan BMX berkutat dengan cedera, tim pelatih yang didukung PB ISSI meminta Elga untuk langsung menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Perkembangannya terus dipantau oleh dokter. Untuk berapa lama lagi belum bisa diputuskan. Mungkin antara dua hingga tiga pekan lagi. Semuanya tergantung keputusan dokter dan pelatih," tutur pebalap yang dikenal dengan sebutan Ratu BMX Asia Tenggara itu.

Peraih medali emas BMX SEA Games 2017 mengaku sudah tidak sabar untuk berlatih penuh. Namun, dirinya menyadari jika perlakukan penyembuhan cedera tidak boleh gegabah karena akan berdampak pada masa depannya sebagai atlet nasional.

Baca juga INASGOC Tinjau Sarana Penunjang Siaran Langsung Asian Games 2018

Namun, pebalap kelahiran Malang, 14 November 1993 itu mempunyai keyakinan jika cederanya bakal segera sembuh. Tekad tampil maksimal pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang menjadi salah satu motivasi dalam kesembuhannya.

"Semua atlet pasti menginginkan prestasi tinggi. Apalagi Asian Games 2018 di rumah sendiri. Kebanggaan pasti berbeda. Makanya saya terus bersiap diri untuk menghadapi kejuaraan ini," ujar pebalap yang juga terjun dalam usaha koveksi itu.

Sementara itu Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan Elga Kharisma Novanda merupakan salah satu pebalap yang diharapkan bisa bersinar di Asian Games 2018 meski saat ini masih berjuang untuk menyembuhkan cederanya.

"Sebagai ketua PB, target kami adalah meraih medali emas pada empat disiplin yang ada. Track, road, BMX dan XC (MTB-DH). Itu adalah target saya. Untuk target dari negara nanti manajer yang menjelaskan," katanya sambil tersenyum.

Elga Kharisma Novanda setelah sukses di BMX memang mulai melirik balapan di velodrome (track). Bahkan kemampuannya sudah teruji dibeberapa kejuaraan baik dialam maupun luar negeri. Gadis asal Malang ini bakal turun di nomor tim sprint bersama dengan tandemnya yaitu Crismonita.

Balap sepeda merupakan salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu menyumbang emas bagi kontingen Indonesia. Semangat untuk mengejar target ini terus menyala seiring dengan mulai masuknya sponsor yang salah satunya dari perusahaan peralatan olahraga asal Italia, SH+.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini