Share

Ini Alasan Yamaha Perpanjang Kontrak Rossi 2 Tahun

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 18 Maret 2018 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 17 38 1874250 ini-alasan-yamaha-perpanjang-kontrak-rossi-2-tahun-1dnnaaWu4v.jpg Valentino Rossi saat hendak memasuki lintasan Sirkuit Sepang Malaysia. (Foto: AFP/Mohd Rasfan)
A A A

DOHA – Direktur Umum Yamaha Factory Racing, Lin Jarvis, mengungkapkan alasan di balik pemberian perpanjangan kontrak dua tahun kepada sag pembalap, Valentino Rossi. Jarvis mengaku memberikan dua tahun perpanjangan kontrak atas permintaan The Doctor –julukan Rossi– sendiri.

Kontrak Rossi bersama Tim Movistar Yamaha awalnya akan habis akhir musim ini. Hal itu memunculkan spekulasi bahwa juara dunia tujuh kali kelas MotoGP itu akan pensiun sekelarnya MotoGP 2018. Sebelumnya, Rossi mengatakan bakal menentukan masa depannya setelah MotoGP 2018 bergulir setidaknya tiga hingga empat balapan. Akan tetapi MotoGP 2018 belum juga bergulir, Rossi sudah menentukan masa depannya.

“Ada banyak alasan kenapa akhirnya Yamaha memperpanjang kontrak Rossi, sulit bagi kami untuk menyebutkan salah satunya. Segalanya sudah diberikan Rossi untuk Yamaha, olahraga ini dan juga tim. Saya katakan Rossi selalu tampil kompetitif dan merupakan pembalap yang memiliki kapasitas untuk meraih kemenangan,” kata Jarvis mengutip dari Crash, Minggu (18/3/2018).

BACA JUGA: Penyebab Valentino Rossi Gagal Jadi yang Tercepat di Sesi Latihan Bebas 2 MotoGP Qatar 2018

“Kami selalu menginginkan pembalap yang kompetitif. Awalnya, jika Rossi hanya ingin memperpanjang kontrak selama satu tahun, kami akan mengabulkannya. Jika ia meminta dua tahun, kami juga akan mengiyakannya. Jika ia minta lima tahun, baru kami akan ragu,” lanjut Jarvis yang berpaspor Inggris itu.

Rossi pertama kali datang di Yamaha pada 2004. Ia meninggalkan Repsol Honda untuk mencari tantangan bersama Yamaha. Pada periode pertamanya membela Yamaha (2004-2010), Rossi tampil luar biasa. Dalam periode tersebut, kakak kandung dari pembalap Luca Marini itu menyabet empat gelar juara MotoGP (2004, 2005, 2008 dan 2009).

Keberhasilan Rossi menyabet gelar juara MotoGP pun mengangkat harkat dan martabat Yamaha. Sebelumnya, Yamaha selalu berada di bawah bayang-bayang Tim Repsol Honda. Setelah sempat hengkang ke Ducati (2011-2012), Rossi kembali membela Yamaha sejak 2013 dan bertahan hingga kini.

BACA JUGA: Masalah yang Dialami Rossi dan Yamaha Jelang MotoGP Qatar 2018

Di periode kedua membela Yamaha ini, Rossi memang belum mampu menjadi kampiun. Meski begitu, Rossi tampil kompetitif dan selalu mengakhiri musim di posisi lima besar. Bahkan pada 2015, Rossi berpotensi menjadi kampiun jika tidak terlibat friksi dengan Marc Marquez di MotoGP Malaysia.

Sementara itu, diperpanjangnya kontrak Rossi dan juga sang rekan setim yakni Maverick Vinales, menutup peluang Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) untuk membela tim pabrikan Yamaha. Karena itu, Zarco disinyalir akan membela Tim KTM atau Repsol Honda pada MotoGP 2019.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini