Share

Marc VDS Semakin Dekat Jadi Tim Satelit Yamaha di MotoGP 2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 21 38 1875705 marc-vds-semakin-dekat-jadi-tim-satelit-yamaha-di-motogp-2019-IxzXZG6Hsg.jpg Franco Morbidelli (Foto: AFP)
A A A

DOHA – Bos Tim Movistar Yamaha, Lin Jarvis, mengisyaratkan telah menemukan pengganti Tech 3 sebagai tim satelit mereka di MotoGP 2019. Berdasarkan pandangannya usai balapan seri perdana MotoGP 2018 di Qatar, Marc VDS menjadi calon terkuat sebagai tim satelit Yamaha.

Sebelumnya, Bos Tim Marc VDS yakni Michael Bartholemy telah menyatakan frustrasi dengan hubungannya bersama Honda yang sudah dimulai sejak 2015. Pasalnya Honda kini lebih fokus pada tim satelit lainnya yakni LCR Honda. Terlebih LCR Honda memiliki dua pembalap kuat yakni Cal Crutchlow dan Taakaki Nakagami.

Sementara itu Yamaha telah ditinggalkan oleh tim satelit mereka yakni Tech 3 pada akhir musim 2018. Tim yang dipimpin Herve Poncharal itu akhirnya memutuskan hijrah ke tim anyar, KTM dan menandatangani kontrak mulai dari 2019 hingga seterusnya.

Baca juga Bartholemy: Morbidelli Tampil Fantastis di MotoGP Qatar 2018

Sejatinya tak hanya Marc VDS, dua tim satelit Ducati yakni Avintia dan Angel Nieto juga memiliki minat untuk menggantikan Tech 3. Namun, nampaknya pengaruh Valentino Rossi bagi Tim Yamaha begitu kuat.

Sementara seperti diketahui, Marc VDS memiliki soerang pembalap jebolan VR46 Academy yakni Franco Morbidelli. Kehadiran sang juara Moto2 2017 di tim asal Belgia itu semakin menguatkan Marc VDS akan menjadi pilihan utama Yamaha untuk bertandem pada 2019.  

“Kami punya hubungan dengan VR46 Academy. Kami menganalisis pasar pada umumnya, tapi kami memiliki kesepakatan dengan struktur VR46 dan idenya adalah memiliki salah satu pembalapnya bersama kami pada waktu yang tepat,” ungkap Jarvis, mengutip dari Motorsport, Rabu (21/3/2018).

“Contoh bagusnya adalah Morbidelli. Kami memiliki kesempatan dan kami sangat tertarik padanya,” tambahnya.

Baca juga Morbidelli Akui Hasil Balapan di Qatar Melebihi Ekspektasinya

Sesungguhnya, Yamaha telah tertarik dengan Morbidelli dan siap memberikan YZR-M1 pada musim 2017. Namun, spot kosong bagi pembalap berpaspor Italia itu tidak ada. Sebab baik Movistar Yamaha dan Tech 3 sudah memiliki dua pembalap. Kini kesempatan untuk merekrut Morbidelli kembali datang, dengan pilihan mengontrak Marc VDS sebagai rekan partner di MotoGP 2019.

“Tapi pada saat itu, Jonas Folger dan Johann Zarco telah menandatangani kontrak mereka dengan Tech 3, dan Rossi serta Vinales telah menandatangani kontrak dengan kami. Kami tidak memiliki motor untuknya,” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini