Share

Marquez Tidak Melihat Perubahan Berarti dari Sirkuit Austin

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 21 38 1889722 marquez-tidak-melihat-perubahan-berarti-dari-sirkuit-austin-oOEIj6rJ5k.jpg Marc Marquez (Foto: REUTERS/Marcos Brindicci)
A A A

AUSTIN – Marc Marquez kritik kondisi lintasan Sirkuit Austin yang tidak alami perubahan berarti jelang balapan seri ketiga MotoGP 2018, Senin 23 April 2018, dini hari WIB. Pendapat Marquez itu disebabkan banyaknya tonjolan yang terdapat di lintasan, terutama pada tikungan.

Masalah tonjolan di lintasan sepanjang 5,5 Kilometer itu sesungguhnya merupakan masalah lama yang sudah sering dikeluhkan oleh pembalap-pembalap lain selain Marquez. Penyebab tojolan-tonjolan tersebut disinyalir akibat mobil balap Formula One(F1), yang juga menggunakan Sirkuit Austin sebagai tempat menyelenggarakan balapan.

Marc Marquez (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Marc Marquez (Foto: GP One)

Menanggapi banyaknya keluhan itu sebenarnya perbaikan juga telah dilakukan, tetapi hasilnya masih dirasa kurang oleh Marquez. The Baby Aliens –julukan Marrquez– mengaku masih merasakan beberapa tonjolan di tikungan pada lintasan kebanggaan Amerika itu.

BACA JUGA: Pedorsa: Saya Siap Membalap Kali Ini

Tonjolan tersebut menurut Marquez akan berpengaruh pada jalannya balapan nanti. Bahkan, pada sesi latihan bebas pertama dan kedua, Marquez mengaku telah merasakan ketidaknyamanan untuk memacu kuda besinya.

Marc Marquez (Foto: AFP/Karim Jaafar)

Marc Marquez (Foto: AFP/Karim Jaafar)

“Ada beberapa tonjolan, setiap pembalap tentunya tidak mengharapkan hal itu, tetapi tampaknya itu yang akan kami (pembalap-pembalap MotoGP) hadapi seperti tahun-tahun sebelumnya. Sulit untuk balapan seperti ini, karena apabila Anda memacu sedikit lebih cepat, tonjolan itu akan menghalangi dan saya tidak dapat berbelok sebagaimana yang saya inginkan,” tutur Marquez, seperti yang diwartakan GP One, Sabtu (21/4/218).

BACA JUGA: Zarco Nilai Konflik Rossi-Marquez Hal yang Rumit

“Tahun lalu kami meminta mereka (Pihak Penyelenggara) untuk mengurangi beberapa penurunan yang terdapat di lintasan dan mereka melakukannya. Faktanya adalah setiap kali saya hadir ke sini, lintasan selalu mulus dan tetap terdapat penurunan di tikungkan,” sindir juara dunia empat kali kelas MotoGP tersebut.

Permintaan Marquez dan pembalap-pembalap lain sesungguhnya merupakan hal yang lumrah karena dalam suatu balapan, keselamatan pembalap merupakan yang utama. Apabila kondisi lintasan tetap seperti itu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa drama-drama yang terjadi di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, akan terulang kembali.

Balapan kali ini juga merupakan ajang bagi Marquez untuk dapat menjadi juara, guna membalaskan kegagalannya dalam meraup poin maksimal akibat beragam drama yang melibatkan sang pembalap pada seri Argentina. Peluang Marquez untuk mlakukan hal tersebut pun cukup besar karena sepanjang pergelaran MotoGP di Sirkuit Austin dari 2013 hingga 2017, Marquez selalu keluar sebagai juaranya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini