Share

Crutchlow Justru Senang Tergusur dari Puncak Klasemen MotoGP

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 24 38 1890632 crutchlow-justru-senang-tergusur-dari-puncak-klasemen-motogp-nvndP4TmAF.jpg Cal Crutchlow, Pembalap LCR Honda (Foto: Laman Resmi MotoGP)
A A A

AUSTIN – Kegagalan yang didapat oleh pembalap Tim LCR Honda, Cal Crutchlow, dalam memperoleh poin pada balapan seri ketiga MotoGP 2018 di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, membuatnya kini tergusur dari posisi puncak klasemen pembalap sementara. Namun begitu, Crutchlow nyatanya malah mengaku cukup senang, karena kini ia bisa lebih fokus.

Seperti diketahui, sebelum balapan di Sirkuit Austin dilangsungkan, Crutchlow memuncaki klasemen MotoGP dengan 38 poin. Hal tersebut didapatnya setelah finis di posisi keempat saat mentas di Sirkuit Losail, Qatar, dan memenangkan balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

(Baca juga: Cructhlow Yakin Bisa Tampil Konsisten di MotoGP 2018)

Saat itu, Crutchlow unggul tiga angka dari pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso, yang menempati posisi kedua. Namun kini, setelah balapan di Austin, posisi puncak klasemen justru diambil alih oleh Dovizioso dengan koleksi 46 poin. Sementara Crutchlow tergusur ke posisi keempat. Pembalap 32 tahun itu memiliki poin yang sama dengan rider Yamaha Tech3, Johann Zarco, yang berada satu strip di bawahnya.

Cal Crutchlow

Crutchlow pun kini menjelaskan kalau menjadi pimpinan klasemen bukan hal yang mudah. Menurutnya, ia tidak bisa fokus melakoni balapan saat mengetahui terdapat banyak pembalap yang berada di belakangnya untuk mengudeta dirinya. Hasilnya, seperti yang dapat disaksikan di Austin, di mana Crutchlow terjatuh karena terlalu memaksakan diri mengincar posisi podium.

Hal tersebut dinilainya berbeda dengan ketika dia berada bukan di posisi puncak klasemen. Crutchlow menilai kalau dirinya bisa menjadi lebih fokus karena mengetahui target yang ingin dicapainya dalam balapan, tanpa harus khawatir diburu oleh pembalap lain. Ia menerangkan kalau kondisi tersebut lebih cocok untuknya.

“Saya tidak mengatakan kalau saya tidak ingin menjadi pimpinan kejuaraan, tetapi mungkin lebih baik untuk tidak menempati posisi itu, karena Anda bisa fokus untuk mengincar posisi podium dalam balapan. Hal tersebut saya kira lebih baik, alih-alih fokus pada apa yang diinginkan tim dengan finis di posisi kelima atau keenam demi bisa mendapatkan poin,” ucap Crutchlow, menukil dari Motorsport, Selasa (24/4/2018).

“Jika Anda mengejar podium, maka gelar juara akan menghampiri. Di Qatar saya finis keempat, tapi saat itu saya mengejar podium. Di Argentina saya memenangkan balapan, saya tahu saya bisa memenangkannya,” tukas Crutchlow.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini